Sukses

Lifestyle

5 Gestur Tubuh yang Menandakanmu Belum Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya kamu tampak seperti percaya diri dan bahkan tidak peduli. Tanpa sadar lawan bicaramu menyadari bahwa kamu adalah pribadi yang kurang percaya diri. Ada beberapa perilaku yang menandakan bahwa kamu belum percaya diri sepenuhnya.

Mungkin ketika sedang tampil di muka umum, sedang berbicara dengan orang yang kamu sukai, atau bahkan saat dengan orang terdekat sekalipun. Hal tersebut sangat mencolok dan dapat dinilai oleh orang lain. Mungkin, sebaiknya kamu hindari perilaku yang menimbulkan kesan tidak percaya diri tersebut. 

Berikut ada beberapa gestur tubuh yang bisa kamu analisis. Gestur tubuh yang memungkinkan kamu terlihat sebagai pribadi yang kurang percaya diri. Kamu bisa menganalisisnya menjadi suatu perubahan dan jangan sampai kamu semakin tidak percaya diri akan itu. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cenderung Menutupi Wajah

Jika kamu sedang mengambil foto atau mengharuskan diri untuk tampil, maka kamu akan selalu mencoba untuk menutupi wajahmu. Entah kamu akan menutupi wajahmu dengan tangan sering menghindar ataupun banyak hal. Sangat menjadi perhatian jika kamu memposting suatu foto dengan mencoret atau blur bagian wajahmu. Akan sangat aneh bukan, jika kamu melakukan dokumentasi dengan teman lalu hanya dirimu yang tidak diperlihatkan. Itu adalah salah satu kebiasaan yang menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri untuk menunjukkan wajahmu baik secara umum maupun sosial media. 

Gestur Tidak Tegap dan Suka Membungkuk

Jika berdiri atau duduk maka kamu akan cenderung membungkuk. Kamu akan merasakan bahumu lebih menutup kearahmu dan terkesan sangat menyendiri. Bukan tegap atau tegak yang menandakan kamu seorang yang terbuka dengan siapa saja. Melalui bahu akan sangat terlihat sisi terbuka atau tertutupnya kamu sebagai pribadi dalam bergaul. 

Gesture Tangan Menyilang

Jika terdapat kamu yang sedang berbicara dengan lawan bicara dan menunjukkan gestur tangan menyilang, itu berarti kamu juga suka menutup diri. Biasanya kamu tidak mau terlalu dekat atau terlalu terbuka dengan orang lain. Itu adalah salah satu gerakan atau gestur yang defensif, dimana kamu ingin melindungi dirimu sendiri. Sehingga, secara tidak sadar atau reflek, tanganmu akan menyilang dan menutup bagian tubuh yang ada pada dirimu. 

Suara Kecil

Suara yang kecil akan dinilai sebagai pribadi yang penuh dengan keraguan. Ketika kamu berbicara dengan seseorang dan suara yang kamu miliki sangat kecil, maka orang lain tidak akan mengerti dan cenderung bingung. Orang lain akan merasakan keanehan dalam dirimu dengan pertanyaan berulang karena suaramu yang tidak terdengar. 

Menghindari Kontak Mata

Wajarnya jika melakukan komunikasi, seseorang dengan yang lain wajib melakukan kontak mata. Hal ini akan sangat mempengaruhi rasa ingin dihargai dan menghargai satu dengan yang lain. Jika kamu adalah orang yang menghindari kontak mata, itu sama halnya dengan mengalihkan fokus. Biasanya kamu akan menunduk atau mengalihkan bagian mata ke arah lain. Jika kamu selalu melakukan hal ini, maka kamu adalah pribadi yang belum siap mengobrol dengan orang lain. Orang lain akan merasakan dirimu yang kurang fokus dan kurang menghargai mereka. 

Nah jika kamu atau temanmu memiliki perilaku atau gestur tubuh seperti diatas, maka ada baiknya kamu merubah gestur tersebut, atau menegurnya agar lebih percaya diri. Kalau kamu malu, cobalah untuk berlatih dengan orang terdekatmu. Tetap menjadi dirimu sendiri dengan perubahan yang positif ya, semoga bermanfaat. 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading