Sukses

Lifestyle

Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah aktivitas yang esensial bagi hidup manusia dan dapat mengganggu keseharian apabila tidak memenuhi kebutuhan tidur yang cukup. Tidur merupakan hal yang tidak kalah penting dari makan, minum, bahkan bernapas. Tidur yang cukup dan berkualitas akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh secara fisik dan mental.

Dilansir dari Mental Health Foundation, jika seseorang terus mengalami tidur yang kurang dan tidak berkualitas, maka biasanya akan menimbulkan berbagai masalah, seperti mudah mengantuk, konsentrasi buruk, hingga rasa resah yang berlebihan. Tidur dan kesehatan tubuh memiliki hubungan yang erat karena ketika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka risiko akan kesehatan buruk semakin meningkat. Sementara itu, ketika tubuh mengalami permasalahan, biasanya akan sulit bagi seseorang untuk tidur

Dilansir dari Healthline, ketika seseorang kekurangan tidur, akan ada banyak hal yang berisiko untuk terjadi pada tubuh. Saat seseorang kurang tidur, pusat saraf torak akan terganggu karena tidur sangat berfungsi agar ia dapat berfungsi secara normal. Apabila kurang tidur, seseorang akan menjadi lemah ingatannya, seperti susah berkonsentrasi atau mengingat hal-hal baru. Selain itu, sistem imun tubuh juga akan melemah. Ketika tidur, sistem imun tubuh memproduksi antibodi yang melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Maka dari itu, setiap individu membutuhkan porsi tidur yang cukup dan juga berkualitas agar tubuh menjadi sehat, baik secara fisik maupun mental. Berbagai hal dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur, salah satunya adalah dari makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari sleepfoundation.org, berikut adalah efek makanan terhadap kualitas tidur.

Jaga konsumsi makanan

Para peneliti telah melakukan berbagai penelitian untuk menemukan makanan terbaik yang dapat membantu seseorang untuk dapat tidur dengan baik. Namun, makanan dan tidur adalah dua hal yang sangat kompleks, sehingga tidak ada hal pasti yang dapat memastikan seseorang dapat tidur dengan baik. Walaupun demikian, tetap ada makanan dan minuman yang dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membuat seseorang mengantuk atau membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Pilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak hanya berdampak pada energi dan juga pola tidur, tetapi ia juga dapat memengaruhi berat badan, kesehatan kardiovaskular, hingga tingkat gula darah. 

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Terdapat beberapa penelitian yang menemukan bahwa dengan mengonsumsi kiwi, seseorang dapat memperbaiki kualitas tidurnya. Dalam sebuah penelitian, ketika seseorang memakan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur, ia tidur lebih cepat, lebih banyak, dan dengan kualitas yang baik. Selain kiwi, terdapat pula penelitian yang menemukan bahwa kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio, dan mede dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kacang mengandung melatonin, omega 3, dan juga mineral. Kandungan yang ada di dalam kacang dapat membantu seseorang untuk tidur. Kurangi konsumsi kafein di sore hari atau di waktu menjelang tidur karena kafein dapat membuat seseorang terus terjaga. Batasi juga konsumsi alkohol karena alkohol juga dapat membuat kacau pola tidur seseorang. 

Buat jadwal tidur demi tidur yang lebih berkualitas

Dilansir dari National Sleep Foundation, tidur dapat menjadi jauh lebih berkualitas jika dilakukan secara konsisten. Jadwal tidur yang konsisten dari hari ke hari akan membuat tubuh terbiasa. Dengan memiliki tidur yang berkualitas, seseorang akan lebih mudah untuk berurusan dengan tekanan sehari-hari dan akan cenderung tidak mudah terganggu dengan hal-hal buruk yang terjadi. Selain itu, tidur yang cukup juga akan meningkatkan tingkat kewaspadaan dalam diri, meningkatkan kesehatan tubuh, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaatkan teknologi untuk dapatkan tidur berkualitas

HUAWEI hadirkan HUAWEI Band 9 yang dapat mewujudkan impian meraih tidur yang berkualitas dengan teknologinya yang mutakhir. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Sahabat Fimela dapat mengatur jadwal tidur setiap malam. HUAWEI Band 9 memiliki kemampuan untuk memonitor kualitas tidur secara real-time. Selain itu, HUAWEI Band 9 juga memiliki fitur sleep breathing awareness untuk mendeteksi gangguan tidur yang berdampak pada risiko napas terhenti saat tidur. 

Selain itu, Sahabat Fimela dapat menciptakan suasana tidur yang nyaman dan berkualitas. Pastikan kamar atau ruangan untuk tidur berada dalam kondisi yang tenang dan gelap. Pakaian juga menjadikan tidur lebih nyaman dan nyenyak. HUAWEI Band 9 memiliki desain khusus yang ringan, sehingga dapat digunakan dengan nyaman dan memberikan tidur yang lebih berkualitas.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading