Sukses

Entertainment

Membandingkan Seramnya Film The Conjuring dan The Conjuring 2

Fimela.com, Jakarta Penggemar film horor nampaknya terpuaskan dengan film The Conjuring. Kesuksesan film pertamanya dilampaui oleh kesuksesan film The Conjuring 2. Janji sutradara James Wan untuk memberikan kejutan di The Conjuring 2 nampaknya terpenuhi.

The Conjuring pertama, cerita film kedua ini juga diambil dari kisah nyata pengalaman Ed dan Lorraine Warren di tahun 1970-an. Film The Conjuring 2 diangkat dari kasus hantu di Enfield yang bertempat di London Borough dari tahun 1977-1979. Kejadiannya kala itu melibatkan dua saudara perempuan berusia 11 dan 13 tahun. Salah satu bocah perempuan, yakni Janet Hodgson, diduga kerasukan arwah yang menghuni rumah ibu mereka.

The Conjuring 2. Foto: IMDb

Sama halnya dengan film pertama, The Conjuring, sekuelnya juga memiliki banyak adegan yang menampilkan penampakan makhluk gaib yang tak terduga dan mengejutkan. The Conjuring 2 tetap membuat penonton merasa takut dengan adegan bernuansa gelap dan misterius. Penampakan makluk gaib yang menakutkan dan keluar tiba-tiba juga membuat penonton terteror.

Film The Conjuring maupun The Conjuring 2 selalu ada satu unsur khas di dalamnya, yaitu seseorang yang kerasukan arwah. Kalau di film pertama arwah jahat memasuki tubuh wanita, maka di sekuelnya ini seorang anak kecil menjadi korbannya.

Seperti film perdana, The Conjuring 2 banyak memasukkan unsur religi ke dalam ceritanya. Di film The Conjuring 2 ada adegan salib dalam kamar yang tiba-tiba berbalik sendiri menghadap bawah. Salib adalah simbol kekuatan umat Kristiani.

Lewat alur cerita yang berjalan maju, James Wan selaku sutradara sukses menciptakan efek tegang yang tida henti, bahkan sejak 30 menit pertama film. Tak cuma mengandalkan sosok hantu dengan wujud yang menyeramkan, namun efek tegang juga didapatkan dari benda-benda yang tiba-tiba bergerak, berpadu dengan efek visual suara yang membuat jantung berdegup kencang.

Valak dalam film The Conjuring 2. Foto: via weekinweird.com

Diadaptasi dari kisah nyata, film The Conjuring 2 mengambil setting Inggris di tahun 1970-an. Pemain serta semua atribut syuting dihadirkan semirip mungkin. Jika kamu mengikuti kasus hantu legendaris Enfield, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan wajah Janet yang lugu dengan potongan rambut bob, cukup mirip dengan Madison Wolfe, aktris pemerannya. Bahkan, piyama merah Janet dalam film ini mirip seperti aslinya.

Para pemain menunjukkan akting yang cukup mempuni, tidak hanya sekedar akting ketakutan saja yang biasanya jadi nilai jual utama pemain film horor. The Conjuring 2 sendiri tercatat sebagai film horor pertama dari empat pemeran anak Peggy Hodgson, Madison Wolfe (Janet), Lauren Esposito (Margaret), Patrick McAuley (Johnny) dan Benjamin Haigh (Billy).

Peletakkan klimaks dari film ini terasa begitu pas. Sisi drama pun masih diselipkan lewat adegan romantis dari duo cenayang, Ed dan Lorraine. Ini tentu dapat membuat penonton beristirahat sebentar dari ketegangan kisah Janet dan keluarganya. Tak heran jikan The Conjuring 2 mendapat banyak minat dari penonton.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading