Sukses

News & Entertainment

Akting Jadi Presiden Soekarno, Tio Pakusadewo Sowan ke Makamnya

Bintang.com, Jakarta Proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno adalah tokoh founding father bangsa Indonesia. Sosok Bung Karno juga turut menginspirasi aktor ternama Tio Pakusadewo dalam aktingnya di film Pantja Sila: Cita-Cita & Realita. Di film tersebut, Tio berperan sebagai Bung Karno.

Aktor kawakan ini tampil secara monolog selama 78 menit dengan pidato penuh gelora seperti yang dilakukan Bung Karno semasa hidup. Demi peran yang baginya sangat hebat tersebut, jauh sebelum proses produksi film 'Pantja Sila: Cita-Cita & Realita' digarap, Tio Pakusadewo mengaku terlebih dahulu meminta izin dengan mengunjungi makam Bung Karno.

Meski bangga, bagi pemilik nama lengkap Irwan SuseTio Pakusadewo itu, merupakan film terberatnya. Apalagi ia harus menghafal seluruh teks pidato Bung Karno. (Andy Masela/Bintang.com)

"Ini kebanggaan serta beban berat bagi saya berperan sebagai Tokoh Bangsa. Saya mohon izin juga, sowan ke kuburan Bung Karno juga, saya nyekar, dan dua tahun tiga tahun kemudian baru mulai syuting," kata Tio Pakusadewo saat press screening film 'Pantja Sila: Cita-Cita & Realitas' di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2016).

Sebagai Bung Karno di film 'Pantja Sila: Cita-Cita & Realita', Tio mengatakan memang sempat mencari aktor yang mampu untuk memerankan sosok Bung Karno. Pasalnya di film ini dia juga bertindak sebagai produser sekaligus sutradara. Film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 17 Agustus 2016.

"Yang dikuatkan di film ini adalah isi pidato, mengenai siapa yang pantas jadi Bung Karno saya juga sudah cari-cari siapa yang pantas dan cocok. Ada beberapa nama, tapi jauh dari kualifikasi, kalau dicoba pun cuma dapat chasingnya aja," tutur pria pemilik nama lengkap Irwan Susetyo Pakusadewo ini.

 

Selain sowan ke kuburan Bung Karno, tim produksi film 'Pantja Sila: Cita-Cita & Realita' turut meminta izin dan berkonsultasi kepada pihak keluarga Bung Karno. "Kalau saya tidak datangi keluarga Bung Karno, karena tugas saya hanya memerankan saja. Jadi tim produksi yang ke rumah keluarga Bung Karno," tandas Tio Pakusadewo.

Loading