Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

News & Entertainment

Ronald Manullang: Dewi Soekarno Digambarkan Malaikat

Fimela.com, Jakarta Lukisan Dewi Soekarno tanpa busana yang sedang memayungi Bung Karno yang diposting Pevita Pearce, sedang heboh dibicarakan. Netizen gaduh dan menegur Pevita Pearce lantaran dianggap tidak pantas memposting lukisan seperti itu. Namun ada pula netizen yang mendukung dan tetap melihat lukisan Ronald Manullang itu sebagai sebuah karya seni.

Saat dihubungi Bintang.com, Ronald Manullang menjelaskan, lukisan dengan judul 'Under my Umbrella' itu dibuatnya sekitar tahun 2011-2012. Bersamaan dengan itu, ia juga melukis Bung Karno bersama Dewi Soekarno hingga sekitar tujuh lukisan. Semua lukisan tersebut sudah dipamerkan di beberapa negara, di Asia dan Eropa.

sumber foto: Instagram Pevita Pearce

Heboh lukisan Dewi Soekarno tanpa busana itu membuat Ronald, sang pelukis menjelaskan, jika dia membuat lukisan seperti itu lantaran memiliki tema tersendiri. Penganut aliran realisme kontenporer itu menegaskan, dalam seni telanjang itu merupakan sebuah gambaran dari kemurnian. Jadi ia meminta yang memang tidak memahami seni tidak menghakimi.

"Jadi Dewi Soekarno itu merupakan ide saya untuk menggambarkan sosok malaikat yang ada di samping Bung Karno," terang Ronald Manullang kepada Bintang.com, Sabtu (11/3/2017).

Postingan Pevita Pearce, lukisan Dewi Soekarno tanpa busana sedang dampingi Bung Karno. (Instagram @pevitapearce)

Awalnya Ronald memang punya keinginan kuat untuk melukis sosok Bung Karno, namun tidak ingin terjebak dalam tema lukisan yang biasa-biasa saja. Akhirnya ia pun melakukan riset hingga mengunjungi beberapa tempat di Jakarta yang berhubungan dengan sejarah Bung Karno dan kemerdekaan.

Ketika berada di museum Perumusan Naskah Proklamasi, ia melihat sosok Bung Karno seperti ada malaikat yang mendampingi. Karena itu timbul ide untuk melukis Bung Karno dengan malaikat.

Sejumlah karya Ronald Manullang. (sumber: ronaldmanullang.wordpress.com)

"Nah, malaikat itu kan tidak kelihatan, jadi tidak perlu pakai baju karena invisible," ujar Ronald lebih lanjut.

Ia kemudian terpikir untuk menggambarkan sosok malaikat itu dengan Dewi Soekarno, salah satu istri Bung Karno yang dikenal sebagai seniman dan budayawan.

Postingan Pevita Pearce tentang lukisan Dewi Soekarno dan Soekarno yang sudah di blur di akun snapgramnya. (Instagram @lambe_turah)

"Saya pikir dia yang paling cocok. Siapa lagi?" ujar Ronald.

Tidak hanya sebuah lukisan, ia sampai melukis Bung Karno bersama Dewi Soekarno sampai kurang lebih tujuh tulisan dalam kurun waktu 2011 - 2012. Lukisan-lukisan tersebut sudah dipamerkan di beberapa negara di Eropa dan Asia. Salah satu hasil karya Ronald Manullang berjudul 'Under my Umbrella' diposting Pevita Pearce. Namun saat ini ia sudah menghapusnya dari akun instagram.

;
Loading