Sukses

Entertainment

Gita Gutawa Akui Sulitnya Buat Lagu untuk Anak-anak

Fimela.com, Jakarta Gita Gutawa berpendapat bahwa industri musik Indonesia sedang mengalami krisis terhadap lagu-lagu yang diperuntukan khusus untuk anak kecil. Di era sekarang, anak-anak kecil seolah selalu dicekoki lagu-lagu yang bertema percintaan yang identik dengan orang dewasa.

Sadar akan hal tersebut, Gita Gutawa sedang berupaya untuk mengembalikan era keemasan lagu anak seperti pada era 90an. Salah satu aksi nyata yang dilakukan anak sulung Erwin Gutawa itu adalah dengan berusaha membuat lagu bertema anak-anak.

Penyanyi dan pemeran, Gita Gutawa belakangan ini sedang sibuk mengaransemen ulang lagu nasional. Proyek baru putri Erwin Gutawa itu diberinama Gita Puja Indonesia. (Adrian Putra/Bintang.com)

Diakui gadis 23 tahun tersebut, membuat lagu anak ternyata memang memiliki tantangan tersendiri. Tak sekedar enak untuk dinyanyikan, lagu untuk anak-anak juga harus memuat nilai positif yang akan berdampak baik bagi perkembangan anak-anak.

"Bikin lagu anak challenge-nya banyak banget, bahwa lagu anak harus positif. Intinya tetap positif dan edukatif. Secara melodi aku mungkin lebih berkembang dan challenge karena temanya terbatas," ucap Gita Gutawa saat ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

Di samping itu, Gita juga mengaku sulit mendeskripsikan batasan-batasan apa saja sehingga sebuah lagu bisa disebut lagu anak. Karena menurutnya, lagu-lagu Disney yang kerap diidentikkan dengan anak-anak masih tetap mengandung unsur percintaan yang kurang sesuai dengan apa yang seharusnya mengedukasi pendengarnya.

Penyanyi dan pencipta lagu, Gita Gutawa ingin kembali mempopulerkan lagu nasional. Ia mengaransemen ulang lagu-lagu nasional dan di nyanyikan dengan cara berbeda. Ia ingin mengeluarkan setiap hari besar nasional. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Menurut aku definisi lagu anak itu susah dan kita mungkin terbiasa dengan lagu-lagu ciptaan pak AT Mahmud, itu yang akhirnya kita anggap lagu anak. Kalau di luar negeri lagu anak itu apa sih? Malah kalau lagu Disney isinya tentang cinta ya, aku makanya mencoba combine apa arti lagu anak di Indonesia," jelasnya.

Terlepas daripada itu, sebagai seorang musisi, penyanyi dan pencipta lagu, apapun karya yang ia buat sebagai pelaku industri kreatif, Gita hanya berharap bisa memberikan dampak positif bagi penikmatnya.

"Yang namanya musisi kita cuma pengen berkarya, dan aku pengen berkaryanya yang aku pengen ada pesan untuk disampaikan," tandas Gita Gutawa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading