Sukses

Entertainment

Editor Says, Menyoal Maraknya Akun Gosip di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Kemajuan teknologi yang ada mendorong maraknya jenis jejaring media sosial. Fitur yang disediakan pun membuat para pengguna dapat dengan bebas mengunggah foto hingga video untuk lantas mereka bagikan pada para warganet.

Selama beberapa waktu terakhir, masyarakat Indonesia disuguhkan oleh maraknya akun gosip di media sosial. Dengan nama-nama yang cukup menggelitik, para akun gosip ini mampu menampilkan beragam informasi terkni dari artis-artis ibukota.

Tak ayal jika para akun gosip memiliki jumlah pengikut yang tak sedikit. Bahkan, terkadang jumlah followers yang mereka miliki bisa melebihi artis yang diberitakan. Sejauh ini tercatat sudah ada akun gosip yang mencapai followers hampir 3 juta, cukup fantastis bukan?

Lantas, yang menjadi pertanyaan, seberapa menariknya sebuah akun gosip hingga mampu menggugah minat para pengguna media sosial untuk mengikutinya? Salah satu alasan yang mungkin tak dapat dipungkiri karena gosip yang disajikan 'fresh from oven' alias hangat dan belum pernah diberitakan oleh media secara resmi.

Ilustrasi gosip dan media sosial. (via rcmp-grc.gc.ca)

Sudah menjadi fitrah manusia, saat mengetahui sesuatu hal yang baru, maka rasa penasaran itu akan memuncak. Istilah KEPO (Knowing Every Particular Object) pun langsung menjalar ke para penerima gosip. Mereka tak segan untuk mengecek langsung ke segala hal tentang si artis yang baru digosipkan.

Selain alasan tersebut, para pengguna media sosial juga dapat bebas menuliskan komentar di 'lapak' akun gosip, tanpa dilihat langsung oleh sang artis. Meski beberapa artis ibukota juga diketahui mengikuti akun-akun gosip yang ada.

Paparazi Dadakan

Bukan cuma dari si pemilik akun, kadang sumber gosip didapatkan dari para pengikut akun gosip itu sendiri. Profesi paparazi dadakan pun 'diemban' netizen saat mereka melihat para artis di tempat-tempat umum, lantas melaporkannya ke si empunya akun gosip.

Dan tahapan terakhir, jika menurut sang pemilik akun, gosip tersebut layak menghiasi halaman media sosialnya, maka gosip pun diterbitkan dengan caption-caption yang menggelitik. Perpaduan foto atau video dari paparazi dadakan dengan caption unik membuat gosip itu sukses menarik perhatian hingga ramai diperbincangkan.

Ilustrasi Paparazi. (via wiseredlips.blogspot.com)

Kemunculan akun-akun gosip memang telah memberikan warna berbeda dalam dunia hiburan Tanah Air. Apalagi saat ini, smartphone seakan tak pernah lepas dari genggaman masyarakat. Ketimbang menonton televisi, menyimak gosip dari media sosial seolah lebih praktis untuk mengisi waktu luang.

Namun, alangkah bijaknya, jika para pengguna media sosial tidak langsung menghakimi para artis dengan gosip-gosip yang ada. Menilik kembali informasi-informasi secuil tersebut dan berusaha bersikap netral perlu dilakukan di tahap awal gosip merebak. Biasanya setelah gosip tersebut ramai, sang artis melalui media resmi akan memberikan konfirmasi serta penjelasan.

Ilustrasi gosip dan media sosial. (via Glamour)

Sejak awal, beberapa akun gosip bahkan memperingatkan para pengikutnya agar tidak terlalu terbawa perasaan dengan gosip yang mereka sajikan. Tetap bersikap bijak dengan menuliskaan komentar-komentar santun tanpa menyinggung SARA. Pada intinya, kehadiran akun-akun gosip tersebut memang hanya untuk hiburan semata. Jadi, nikmatilah perkembangan teknologi tanpa sikap berlebihan ya~

 

Regina Novanda

 

Editor Kanal Celeb

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading