Sukses

Entertainment

Must Read! Cara Kurangi Gejala PMS

Sudah bukan rahasia lagi kalau gejala PMS sangat memengaruhi kegiatan sehari-hari kaum hawa. Bagaimana tidak, ketidakseimbangan hormon yang terjadi saat akan menstruasi membuat mood, emosi, dan kondisi kesehatan perempuan menurun. Ledakan-ledakan emosi, mood kerja drop, jerawat yang tiba-tiba muncul, atau nyeri-nyeri di beberapa bagian tubuh biasa terjadi menjelang menstruasi setiap bulannya. Kamu mungkin bosan harus belajar menangani gejala ini tiap bulannya, tapi inilah salah satu “garis hidup” yang harus diterima perempuan. Gejala ini mungkin nggak bisa kita hilangkan sama sekali, tapi bisa dikurangi dengan beberapa cara berikut.

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber vitamin B1. Perbanyak konsumsi lemak. Ya, lemak, jangan kaget! Tetapi, dalam hal ini tentunya bukan lemak yang bisa membuat tubuh kamu melar yang harus dikonsumsi, melainkan asam lemak esensial. Sebuah penelitian dari jurnal Reproductive Health membuktikan bahwa perempuan yang mengonsumsi pil yang berisi lemak esensial akan berkurang gejala PMS-nya secara signifikan. Nah, kamu bisa coba mengonsumsi berbagai jenis ikan sebagai sumber asam lemak esensial terbaik.

2. Look for vitamin B. Bayam, sereal gandum, dan kacang-kacangan bisa kamu konsumsi sebagai salah satu penjinak gejala PMS. Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi vitamin B bisa menurunkan 25% risiko terserang gejala PMS dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi vitamin B.

3. Tingkatkan kolaborasi kalsium dan vitamin D. Kerja sama kedua vitamin dan mineral ini merupakan cara paling jitu untuk mengurangi PMS. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2005 mengungkap bahwa makanan kaya kalsium dan vitamin D merupakan kunci utama untuk mengurangi risiko terserang gejala PMS. Nah, untuk bisa mendapatkan kedua vitamin dan mineral ini, kamu bisa coba mengonsumsi susu rendah lemak, sari jeruk, dan berbagai produk olahan susu rendah lemak, seperti yoghurt. 

Coba cara-cara jitu tersebut untuk meredakan PMS yang biasa "meledak" setiap bulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading