Sukses

Entertainment

Rio Febrian Tak Ingin Hanya Jadi Penyanyi Musiman

Next

rio febrianRindu musik Indonesia tahun 90-an

Dalam waktu dekat ini, saya memang akan mengeluarkan album lagi. Tapi, seluruh lagu dalam album ini memang lagu-lagu tahun 90-an yang didaur ulang. Pada masa itu, musik Indonesia masih terbatas sehingga kita tidak dihadapkan kepada banyak pilihan. Bukan berarti musik-musik yang ada sekarang jelek karena saat ini banyak sekali bermunculan musisi baru yang membuat musik Indonesia semakin beragam. Dan masih banyak juga musisi baru Indonesia yang bagus dan berkualitas yang tidak melulu memikirkan soal industri.

Musik Indonesia makin beragam dengan kehadiran musik Indie

Musik Indonesia sangat luas, jadi menurut saya keberadaan musik Indie tetap perlu unik memperkaya khasanah musik Indonesia. Dengan hadirnya musik-musik Indie maka kita bisa dengan bebas mengeluarkan idealisme kita sendiri dalam bermusik. Kondisi musik saat ini adalah banyak lahir musisi baru Indonesia, tapi sayangnya banyak juga di antara mereka yang menganut budaya latah. Artinya, ketika ada satu jenis lagu meledak di pasaran maka tidak jarang yang lain mengikutinya dengan harapan lagu mereka juga bisa meledak di pasar. Atau setidaknya mereka bisa mengembalikan ongkos produksi yang telah mereka keluarkan.

Tapi, saya pikir masyarakat penikmat musik saat ini sudah cerdas. Mereka bisa memilih mana musik yang bagus dan berkualitas, serta mana musik yang melulu memikirkan soal industri. Menurut saya gerakan-gerakan bawah tanah seperti ini memang tetap diperlukan bahkan suatu saat nanti bisa menjadi besar.

Next

rio febrianPerjalanan musik juga layaknya tren fashion

Sama seperti fashion, musik pun pasti akan mengalami fase yang sama yakni masa pengulangan sebuah tren pada suatu periode. Saat ini musik yang sedang ‘in’ di Indonesia adalah musik tekno karena memang kita baru mengenal tekno belakangan ini. Nah, menurut saya suatu saat nanti pasti penikmat musik Indonesia akan mengalami kejenuhan karena setiap saat kita hanya disuguhkan musik yang sama.

Dan ketika masa itu timbul maka kita akan merindukan pemain-pemain musik yang memang ahli di bidang mereka. Masa ketika semua orang ingin mendengarkan musik yang lebih ‘musik’, yakni musik yang dihasilkan dari perpaduan bunyi alat musik bukan musik yang diciptakan ala kadarnya.

Perkembangan musik Indonesia sama sekali tidak bisa diprediksi

Perkembangan musik Indonesia sangat tidak bisa terprediksi karena memang pendengar musik Indonesia sangat banyak dan luas. Jangankan beberapa tahun ke depan, satu tahun ke depan pun kita tidak bisa memprediksi jenis musik mana yang akan berjaya di Indonesia.

Menurut saya, jalur musik pop Indonesia yang tidak mengikuti musik momentum akan lebih bisa diterima jika dibandingkan dengan musik-musik yang hanya tercipta pada satu masa tertentu. Pop Indonesia sebenarnya sudah memiliki ciri khas tersendiri dan tentunya akan lebih bagus lagi jika dipadukan dengan berbagai warna musik lainnya. Dan menurut saya, musik-musik pop seperti inilah yang bisa lebih bertahan di dunia musik Indonesia. Sedangkan musik musiman ya hanya bisa bertahan sesuai musim. Sebagai musisi, tentu saya ingin musik saya bisa bertahan tidak hanya pada era tertentu, tapi bisa dinikmati pencinta musik Indonesia setiap waktu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading