Sukses

News & Entertainment

Kontradiksi Dulu dan Sekarang, Ayu Ting Ting dan Artis Tajir Lain

Bintang.com, Jakarta Ruben Onsu menjadi satu di antara banyak selebritis Tanah Air yang menjalani karier dari nol, sampai akhirnya menjadi terkenal. Tak terbayangkan bagaimana dirinya yang dahulu sering memiliki utang ke tukang ojek, tukang sayuran, dan pemilik kontrakan, kini sudah berdiri tegap menapakkan kakinya di dunia entertainment. Selain Ruben,  ada juga Ayu Ting Ting.

Ayu masih belum dikenal publik ketika ia merilis album dangdut perdana bertitel 'Geol Ajep-ajep' pada 2006 silam. Di album ini, pemilik nama Ayu Rosmalina itu menjagokan tembang berjudul 'Ting Ting'.

Dari album ini pula akhirnya artis kelahiran 20 Juni 1992 itu memilih menggunakan nama panggung Ayu Ting Ting daripada Ayu Debita seperti yang diusulkan oleh produsernya. Penampilan dari panggung ke panggung masih dijalani Ayu.

Ia bahkan masih ingat betul nominal yang dibayarkan kepadanya sekali manggung. Kala itu Ayu hanya dibayar Rp 200-250 ribu dari pagi sampai malam. Selain mampu mentraktir teman-temannya, Ayu Ting Ting juga mampu membiayai sekolahnya semenjak duduk di bangku SMP.

 

Masih teringat jelas di awal kemunculannya, Ayu Ting Ting hanya menjadi penampil ketika sebuah acara live tengah rehat. Wajahnya tentu saja hanya terlihat di depan penonton di studio. Namun, seiring popularitas lagu Alamat Palsu, nama Ayu pun semakin meroket.

Media pun kerap mengulasnya. Pada masa itu Ayu dan kedua orangtuanya begitu dekat dengan awak media. Bahkan kepada para pewarta yang mewawancarainya, Ayu sangat sopan dengan mencium tangan usai diwawancara. "Tolong dibantu ya mas, makasih," kata Abdul Razak, sang ayah kala itu.

Dengan keberuntungan yang dimiliki, juga dukungan pemberitaan yang begitu masif, hidup Ayu langsung berubah drastis. Mobil Karimun yang merupakan kendaraan pertamanya hasil nabung selama manggung dijualnya.

"Susah senangnya banyak dari dulu. Dari belum punya kendaraan, dari yang maksudnya, jauh (banget kalau dibandingin), tidak seperti sekarang," kata Ayu Ting Ting di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

Sekarang, Ayu bisa dibilang telah memiliki segalanya. Tak hanya kendaraan mewah yang dipunya, bahkan villa seharga miliaran rupiah pun sudah termasuk pundi harta miliknya. Beberapa bisnis di bidang kuliner, fesyen, dan banyak endorsement menjadi mesin pencari uang tambahan.

Lalu, Raffi Ahmad juga menjadi nama pejuang di industri entertainment. Dari nol, Raffi berjuang hingga akhirnya bisa diterima di industri hiburan Indonesia. Tercatat hampir semua lini entertainment pernah dijajalnya seperti model, bintang iklan, ftv, sinetron, film layar lebar, penyanyi, dan juga band.

Dan kini sosok Raffi sudah menjadi artis papan atas tanah air. Kesuksesan dan kekayaannya tak perlu dibicarakan lagi, karena semua orang pasti tahu bagaimana pundi-pundi rupiah begitu membanjirinya. Dari tinggal di kontrakan saat mengadu nasib di Jakarta, Raffi bisa membeli rumah mewah. Barisan mobil premium seperti Lamborghini Aventador, Rolls Royce, Chrysler, Alphard, Foruner, Hyndai, sampai BMW menjadi koleksinya.

Dari 'Siapa Dia?' Sampai Jadi Artis Utama

Mungkin, ketika di awal kemunculannya banyak orang bertanya, Siapa dia? Siapa Ayu Ting Ting? Siapa Raffi Ahmad? Atau Siapa Ruben Onsu? Namun itu dulu. Karena lewat perjuangan yang dilakoni, mereka nyatanya bisa membuktikan kualitasnya.

Ayu Ting Ting misalnya, dari penyanyi dangdut keliling panggung demi panggung, akhirnya ia berhasil menjejakkan kakinya di dunia hiburan. Pekerjaan lain disamping menyanyi pun dilakoni oleh ibunda Bilqis Khumaira Razak tersebut.

Mengutip laman Wikipedia, Ayu pernah menjadi bintang iklan dari produk makanan, minuman, obat-obatan, produk kecantikan, dan juga elektronik. Sebagai presenter, belasan acara juga pernah digawangi.

Ia juga pernah menjajal akting sebagai pemeran utama di sinetron Ayu Anak Depok City. Dan terbaru, Ayu didaulat sebagai pemain utama bersama Boy William dalam film layar lebar berjudul Martabak & Dimsum.

 

Tak lupa, sederet penghargaan telah mengiringi perjalanan karirnya. Pada 2013, Anugerah Musik Indonesia menganugerahinya sebagai Penyanyi Solo Wanita Dangdut kontemporer Terbaik. Tercatat, Ayu berhasil memenangkan 28 piala lainnya dalam bermacam kategori di ajang penghargaan berbeda.

Sama dengan Raffi Ahmad. Dari seorang pendatang baru yang tidak diperhitungkan, Raffi Ahmad telah berhasil membuktikan dirinya layak berada di puncak popularitas. Di bidang akting, tak terhitung lagi jumlah judul film, film televisi (FTV) maupun sinetron yang diperankannya.

Bidang tarik suara juga dikangkanginya. Baik bersama Bukan Bintang Biasa (BBB) maupun sesi solo serta duet dengan Yuni Shara, Ayushita dan lainnya. Lalu mengenai penghargaan di dunia entertainment, jangan ditanyakan lagi.

Sekitar 63 penghargaan di berbagai kategori dan ajang penghargaan ditorehkannya. Sebut saja sebagai Aktor Ngetop SCTV Awards 2006, Pembawa Acara Terpopuler Indonesian Television Awards 2016, Presenter Musik/Variety Show & Entertainment Panasonic Gobel Awards 2017, dan lainnya.

Artis Miliarder Masih Kumpulkan Rupiah, Apa Target Mereka?

Merengkuh popularitas yang berimbas kepada tercapainya kesuksesan duniawi tak membuat para pencari rupiah khususnya di industri hiburan tanah air berhenti. Mereka justru semakin luas mengepakkan sayap-sayapnya.

Banyak alasan tentunya, namun satu hal yang menjadi landasan dasar bagi sebagian besar dari mereka adalah aji mumpung. Ya kenapa tidak memanfaatkan momentum yang masih ada? Kenapa tidak memanfaatkan sinar yang masih benderang terangnya?

Ya, mengalirnya rupiah ke rekening tabungan mereka menjadi hal mudah untuk ditolak. Apalagi ketika mereka harus merencanakan masa depan bagi keluarga dan anak-anaknya. Seperti halnya Ayu Ting Ting, dirinya berharap kehidupannya terus membaik lagi.

Padahal ia sudah memiliki sekurangnya 5 sumber penghasilan di luar bernyanyi yaitu endorsement produk di akun Instagram miliknya, produk perawatan tubuh bernama Ayting and Bqiss, bisnis karaoke keluarga, clothing line bernama A2T, dan produk minuman bersama adiknya Tingtime.

"Pengennya ke depan semuanya jadi lebih baik lagi," tutur pelantun tembang Geboy Mujaer tersebut.

 

Sementara Ruben Onsu justru memiliki keinginan yang sangat banyak. Ragam pencapaian yang telah diraihnya di dunia entertainment sampai saat ini juga bisnis kuliner yang ditekuninya, belum bisa membuat Ruben puas.

Ia berharap bisa mewujudkan satu dari sekian banyak keinginannya dalam ladang amal. Ruben berkeinginan untuk membangun satu tempat untuk berkumpulnya para artis. Bukan layaknya kampung artis, namun apa yang diidamkan adalah pemakaman khusus artis.

Ruben melihat pada kenyataannya banyak sekali artis yang di masa tuanya serba kekurangan. Nantinya mereka bisa menggunakan Tempat Pemakaman Umum dari Ruben tersebut secara cuma-cuma.

"Banyak banget (targetnya). Pengen punya TPU untuk para seniman. Biar mereka para seniman itu bisa ngumpul terakhir di sana. Lalu pengen bangun rumah ibadah yang berdekatan, ibaratnya ada masjid, gereja, pura, wihara," tukas Ruben Onsu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ungkapan Syukur Sarwendah di Usia 30 Tahun
Artikel Selanjutnya
Kado Istimewa Ruben Onsu untuk Sarwendah yang Berulang Tahun