Sukses

News & Entertainment

Awas Kanker Payudara, Cegah dengan 4 Tips dari Chacha Frederica

Fimela.com, Jakarta Sebagai publik figur, Chacha Frederica berusaha memanfaatkan popularitasnya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum muda. Khusus kepada perempuan millenials, ia mencoba memberikan edukasi mengenai kanker payudara.

Ia pun kerap terlibat dalam berbagai kampanye, termasuk bersama Millenials Goes Pink yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan deteksi dinni kanker payudara. Kampanye ini dilakukan secara online maupun offline.

Sebagaimana diketahui, kanker payudara merupakan momok mengerikan bagi kaum Hawa selain kanker serviks. Keduanya adalah penyakit yang telah merenggut banyak nyawa perempuan Indonesia sampai saat ini.

Karenanya, menurut Chacha Frederica lanhkah- lanhkah kesehatan masyarakat melalui pembentukan pencegahan kanker dan program deteksi dini, memproosikan screening kanker payudara, dan juga program pendidikan tentang kesadaran tersebut sangat penting.

Dan Chacha pun berusaha untuk mengajak millenials pada kesadaran tersebut semenjak dini lewat bermacam media. Lalu bagaimana tips Chacha untuk menghindari jenis kanker mematikan ini?

SADARI

Ini merupakan cara mencegah kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Idealnya, pemeriksaan sendiri ini dilakukan secara rutin pada 7-10 hari setelah hari pertama menstruasi.

Sebulan Sekali

Melakukan jenis pemeriksaan sediri ini meliputi beberapa cara. Seperti dengan berdiri tegak, lalu cermati apakah ada perubahan pada payudara. Meraba apakah ada benjolan. Juga mencubit kedua puting apakah ada cairan atau tidak.

"Sebenarnya intinya adalah menyadari. Kita harus bisa cek kesehatan payudara sendiri, baik laki- laki atau perempuan, minimal 1 bulan sekali," tutur Chacha.

Pola Hidup Sehat

Setiap orang harus menjaga pola hidup sehat yang meliputi pola makan, istirahat dan juga menghindari jenis makanan yang tidak alami. Seseorang harus tahu makanan yang baik untuk dirinya atau tidak.

"Pola makan sebenernya biasa. Semua orang tahu gimana cara hidup sehat. Tidur cukup, makan sehat, jangan pakai gula buatan," ujar Chacha.

Olahraga

Tak ada yang menampik manfaat dari olahraga. Dengan keringat yang senantiasa keluar, maka metabolisme tubuh akan semakin baik. Paling bagus, olahraga dilakukan di pagi hari agar mendapatkan manfaat dari sinar ultraviolet dari matahari.

"Memang harus dipaksain sih (olahraga). Untuk aku sendiri, itu resolusi tahun ini sih, harus hidup sehat lagi. Kita juga harus kena matahari pagi untuk tulang," tandas Chacha Frederica.

;
Loading