Sukses

News & Entertainment

Cerita Daniel Mananta, Depresi karena Idap Tumor

Fimela.com, Jakarta Ternyata, bukan hanya Raffi Ahmad yang bermaslah dengan pita suara. Namun, sesama presenter kondang, Daniel Mananta juga pernah bermasalah karena pita suaranya. Hal ini terjadi sekira 3 tahun silam.

Daniel Mananta mengaku ketika itu sangat syok atas diagnosa dokter yang mengatakan bahwa dirinya mengidap tumor jinak di pita suara. Ia tak bisa membayangkan bagaimana seorang MC atau presenter seperti dirinya kehlangan suara.

"Sempat depresi, yes, benar banget. Ketakutan itu real. Kita semua sebagai manusia pernah mengalami ketakutan. Tidak peduli Anda terkenal atau pekerjaan Anda apa, kita semua dari A sampai Z pasti pernah ketakutan," kata Daniel Mananta di Jakarta, Selasa (22/11/2019) seperti dilansir dari Liputan6.com.

Berjuang Melawan Depresi

Beruntung Daniel Mananta sanggup melawan rasa depresi dan pikiran jelek yang sempat menginggapi dirinya. Hal itu dikarenakan banyak sekali teman yang memberikan dukungan kepadanya, membangun semangatnya.

“Atau bahkan ada setan dalam diri yang bikin saya depresi, mengintimidasi dengan mengatakan, ‘Sudahlah lo enggak akan bisa, suara lo sudah hilang, dan karier lo sudah gagal’,” ujarnya.

"Saya membayangkan kalau misalnya saat itu saya depresi dan enggak punya teman, enggak ada orang yang membangun semangat di sekitar saya, mungkin film Susi Susanti Love All ini enggak akan terjadi,” tutur Daniel Mananta.

Jalani Operasi dan Terapi

Daniel pun akhirnya memilih untuk menjalani operasi dan terapi. "Terakhir saya terapi dua bulan lalu, operasinya sekitar tiga tahun yang lalu di Jakarta. Terapinya berupa menggerakkan mulut. Yang penting jangan sampai kecapaian, kalau kecapaian suara mulai hilang," papar Daniel Mananta.

Bagi seorang presenter, tentu saja suara adalah modal nomer satu di samping penampilan yang apik. Hal itu juga yang disadari oleh Daniel Mananta. Ia pun bersyukur karena masih bisa menggunakan anugerah suaranya.

"Dari dulu sampai sekarang ternyata Tuhan menggunakan bakat saya di suara,” tutur bintang film A Man Called Ahok dan Rumah Dara.

Daftar untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019 di sini.

Saksikan Video Menarik Berikut

Loading