Sukses

News & Entertainment

Rossa Minta Masyarakat Ikuti Himbauan Pemerintah Soal Social Distancing

Fimela.com, Jakarta Wabah virus Corona yang tengah mengancam masyarakat di Indonesia memaksa pemerintah untuk membuat himbauan agar masyarakat menghindari aktifitas di luar rumah atau social distancing. Penyanyi Rossa pun menganggap apa yang dilakukan pemerintah untuk menghambat penyebaran virus Corona sudah tepat.

Perempuan asal Sumedang, Jawa Barat itu lantas menyayangkan jika masih ada sebagian masyarakat yang tak mengindahkan himbauan tentang social distancing. Terlepas dari alasan apapun, Rossa menganggap mengurangi aktifitas di luar rumah memang hal yang penting untuk bisa menghambat penyebaran virus Corona.

"Kita kan banyak manusianya nih di Indonesia, saya yakin banyak yang belum terlalu paham juga tentang bahayanya. Gini deh, kalau kita sakit, luka, yang sakit cuma diri kita aja. Tapi kalau kita kena virus, kita ngajak-ngajak orang sakitnya. Ketemuan sama ini, salaman, kalau ada infection, kena. Kalau kita meninggal, kita ngajakin orang lain yang kena sama kita meninggal juga gitu kan, itu yang dijaga, jadi jaga diri untuk menjaga orang lain," kata Rossa di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (17/3/2020).

Dilema

Meski mendukung imbauan yang dilakukan pemerintah guna menghambat penyebaran virus Corona, namun di sisi lain Rossa pun merasakan dilema. Untuk beberapa kasus, ada sebagian masyarakat yang memang tidak bisa untuk meninggalkan aktifitas sehari-harinya di luar rumah lantaran tuntutan profesi.

"Tapi susah juga banyak yang nggak bisa (terapin social distancing), kayak ojek, supir taksi dan yang lainnya. Karena memang tidak bisa bekerjanya dari rumah. Yang jelas kesadaran dari sendiri dulu deh yang paling penting," jelasnya kemudian.

 

Persiapan

Untuk mereka yang terpaksa masih harus berkegiatan di luar rumah, ibu satu anak itu pun menghimbau untuk mempersiapkan beberapa hal yang bisa mengamankan diri dari paparan virus Corona. Setidaknya, hal-hal penting seperti masker dan hand sanitizer harus selalu tersedia untuk memastikan diri steril dari paparan bakteri di luaran.

"Yaudah kita yang kerja sebaik-baiknya aja, tapi selain dari kerja ya kita nggak usah kayak nongkrong dimana-mana, langsung pulang ke rumah. Sering-sering cuci tangan yang benar, cuci tangan itu wajib pakai sabun selama minimal 20 detik pakai sabunnya, terus dibilas pakai air. Ya itu membatasi diri, menjaga diri, sekaligus menjaga orang lain yang penting," pungkas Rossa.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada Virus Corona, Maudy Ayunda Isolasi Diri di Kamar
Artikel Selanjutnya
Lirik Lagu Ardhito Pramono, Here We Go Again