Sukses

News & Entertainment

4 Produser Musik Indonesia dengan Ciri Khas Sound yang Kuat

Fimela.com, Jakarta Selain penyanyi, ada juga satu sosok penting yang berperan dalam sukses atau tidaknya sebuah lagu. Mereka bekerja di balik layar, tapi pengaruh mereka sangat besar untuk menunjang keberhasilan sang artis.

Ya, mereka adalah produser musik yang bertanggung jawab secara teknis menangani rekaman. Namun lebih dari itu, tantangan terbesar seorang produser adalah untuk mewujudkan visi sang penyanyi atau band ke dalam tatanan lagu dan sound, sekaligus memaksimalkan potensi lagu dari mentah ke hasil jadi.

Di Indonesia sendiri cukup banyak produser musik berbakat yang menukangi sederet hits populer. Beberapa di antaranya juga memiliki ciri khas dari segi aransemen maupun sound yang jadi andalan mereka. Berikut ulasannya.

Melly Goeslaw - Anto Hoed

Sepasang suami istri ini dikenal sebagai hitsmaker, terutama dalam bidang soundtrack film. Karya-karya Melly Goeslaw dan Anto Hoed meraih berbagai penghargaan dan cocok dibawakan oleh beragam karakter penyanyi.

Lagu ciptaan Melly biasanya memiliki progresi kord yang bisa dikenali, ditambah dengan liriknya yang kadang unik jadi pembeda dirinya dengan produser lain. Dari Ada Apa dengan Cinta hingga Ayat-Ayat Cinta, lagu mana yang paling mengena di kamu?

Petra Sihombing

Dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu, Petra Sihombing juga menemukan kenikmatan tersendiri dalam meracik lagu. Tak hanya untuk dirinya sendiri, Petra telah bekerja sama dengan sejumlah musisi dan menelurkan beberapa hits.

Dari Tulus, Kunto Aji hingga Nadin Amizah, sentuhan aransemen Petra Sihombing cukup jitu mengimbangi potensi para penyanyi. Eksplorasi bebunyian vintage jadi salah satu ciri khas Petra di berbagai karya yang ia produksi.

Yovie Widianto

Malang melintang di dunia musik, sepak terjang Yovie Widianto tak bisa lepas dari perkembangan industrinya. Lagu-lagu cinta yang ia ciptakan melekat kuat di benak para penikmat musik.

Yovie menukangi lagu-lagu Kahitna, Yovie & Nuno hingga Tulus dan Glenn Fredly. Nada-nada dan lirik ciptaannya mudah diingat, dan terasa harmonis saat dinyanyikan. Tak heran jika dirinya disebut maestro musik pop Tanah Air.

Laleilmanino

Ketiga musisi ini memiliki andil di grup masing-masing untuk menciptakan lagu. Namun ketika menyatukan kekuatan, Laleilmanino jadi kekuatan baru yang mulai mendominasi industri musik.

Pelan tapi pasti, ketiga musisi ini telah memproduksi banyak lagu dengan para penyanyi seperti Marion Jola, BCL, Armand Maulana, hingga HiVi. Aransemen dan bebunyian era 80an mereka sajikan kembali dengan sentuhan modern agar tetap relevan dengan pendengar musik saat ini.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

;
Loading