Sukses

Parenting

Anak yang mengenal buku sejak bayi memiliki kemampuan bahasa lebih baik

Fimela.com, Jakarta Mengenalkan buku atau membacakan buku ke anak sejak ia masih bayi memiliki segudang manfaat buat anak. Melansir dari laman babycenter.com, mengenalkan buku pada anak sejak usianya bulanan juga bisa merangsang tumbuh kembang otak anak dengan lebih baik.

Anak-anak yang mengenal buku sejak bayi juga dipercaya bakal memiliki minat baca yang tinggi saat ia dewasa kelak. Tak hanya itu saja, anak-anak yang mengenal buku sejak bayi bakal memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik.

Seorang ahli pendidikan anak dari Missisippi State University yakni Nancy Verhoek-Miller mengungkapkan jika mengajak anak-anak membaca dan membuat mereka berinteraksi dengan orang dewasa adalah kunci untuk menumbuhkan minat baca, belajar dan kecintaanya terhadap buku.

Penelitian yang dilakukan para ahli di National Center for Education Statistics di Amerika Serikat menyebutkan jika anak-anak di dunia khususnya di Amerika Serikat yang sering dibacakan buku atau diajak membaca buku sejak bayi memiliki tingkat kecerdasan lebih baik.

Sementara itu melansir dari laman SixWise, anak-anak yang begitu senang dengan buku juga memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Anak-anak ini bahkan lebih gampang dalam mempelajari bahasa asing. Anak-anak yang rajin dibacakan buku juga mampu menguasi lebih banyak kosa kata dan mempercepat perkembangan bicaranya.

Para ahli menyarankan agar orangtua senantiasa membacakan buku atau setidaknya mengajaknya ngobrol demi membuat anak lekas bicara dan menguasai bahasa di sekitarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading