Sukses

Parenting

Perkembangan Yang Dialami Janin di Trimester Pertama

Saat hamil termasuk ke dalam daftar saat-saat yang paling membahagiakan bagi seorang wanita. Tak heran, jika sang bunda atau calon bunda tak ingin melewatkan sedikit pun momen di mana sang calon buah hati tumbuh dalam rahimnya. Berikut adalah informasi mengenai perkembangan janin saat baru tertanam di rahim sampai berusia tiga bulan dilansir dari situs MajalahKesehatan.

Periode Germinal

Dalam periode ini, hal pertama yang terjadi adalah sel sperma ayah telah berhasil membuahi sel telur ibu. Sel telur ibu yang telah dibuahi akan berkembang di dalam rahim. Di dinding rahimlah sel telur ibu akan menempel dan bersiap untuk menjadi bentuk selanjutnya yang disebut embrio.

Periode Embrio

Pada fase embrio ini, bentuk bayi sudah mulai tampak. anggota-anggota tubuh seperti mata, mulut dan lidah sudah mulai bisa dilihat bentuknya. Selain itu, si janin telah memiliki sebuah organ vital yang juga sudah berfungsi. Organ itu adalah hati yang akan menghasilkan sel-sel darah dalam tubuh si calon bayi.

Periode Fetus

Dalam periode ini, ibu mungkin akan merasa sangat senang jika dapat menyaksikan secara langsung tumbuh-kembang janinnya. Karena dalam fase ini, organ-organ bayi semakin jelas terlihat. Organ-organ yang mulanya masih tampak sederhana, kini menjadi semakin sempurna dibanding sebelumnya. Otak si bayi juga sudah terbentuk dengan hampir sempurna serta mampu bekerja.

Nah, itu tadi adalah perkembangan janin pada trimester pertama, mulai dari periode germinal, embrio hingga fetus. Dimulai dari dua buah sel yang melebur menjadi satu hingga menjadi organ-organ tubuh yang kompleks.

Jika Anda masih penasaran dengan bentuk si janin, mungkin Anda bisa berkunjung ke rumah sakit dan mencoba teknologi USG untuk melihat sosok si mungil dengan lebih jelas.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading