Sukses

Parenting

Ibu Yang Baik, Pasti Melakukan Hal-Hal Ini

Setiap orang ingin menjadi yang terbaik, tak terkecuali para ibu. Mengingat betapa besar kasih sayangnya kepada putra-putrinya, seorang ibu ingin selalu memberikan segala yang terbaik bagi mereka. Salah satu hal yang terbaik yang ingin seorang ibu berikan adalah kasih sayangnya, dan berikut adalah beberapa tips bagi para ibu agar lebih maksimal dalam mempersembahkan segala yang terbaik untuk buah hatinya.

Dilansir dari situs WikiHow, terdapat delapan langkah yang bisa dilakukan dalam menjadi ibu terbaik:

Dukung apapun hobinya selagi itu positif
Setiap orang dibekali bakat atau keahlian yang berbeda-beda oleh Tuhan, tak terkecuali putra atau putri Anda. Mereka memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak lain, termasuk dengan Anda atau suami Anda. maka dari itu, apapun yang ia senangi, selama masih positif, dukunglah dia.

Jika dia tidak ingin masuk kedokteran seperti yang Anda minta, jangan dipaksa. Anda sudah memilihkan sekolahnya dari SD hingga mungkin SMA, kini biarkan ia mengikuti keputusannya sendiri. Jika Anda menemui bakat-bakat yang muncul, segera kembangkan dengan mengikutkannya ke sebuah kursus dalam bidang tersebut dan lakukan sejak ia masih berusia dini.

Bersabar
Mengandalkan emosi tidak pernah membuat masalah terselesaikan. Terkadang, orang terpancing emosi hanya karena ia tidak mengetahui cara yang tepat atau alasan di balik suatu hal. Cobalah untuk tetap tenang dalam menghadapi anak Anda saat mereka nakal. Beritahu alasan mengapa sesuatu tersebut tidak boleh dilakukan dan mengapa Anda tidak ingin ia melakukannya.

Cobalah untuk antusias pada minatnya
Jika putra Anda suka musik, coba belikan dia instrument musik. Jika putri Anda tampak senang bergaya di depan cermin dengan baju-baju bagusnya, ajaklah ia ke mall dan tanyakan tentang fashion yang dia senangi. Cobalah untuk tertarik pada hal yang ia minati. Jangan pernah menertawakan apa yang ia lakukan karena bagi beberapa anak hal itu bisa menurunkan rasa percaya dirinya.

Jangan terlalu perhitungan untuk urusan uang
Menuruti segala yang ia inginkan memang bukanlah hal yang benar. Tapi jika terlalu irit dan tidak pernah membelikannya apa-apa serta selalu menceramahinya untuk menabung, sebaiknya jangan dilakukan. Cobalah sesekali membelikannya mainan atau mungkin hanya sekedar permen atau es krim. Jika dia sudah remaja, mungkin Anda bisa membelikan sebuah gadget baru di ulang tahunnya.

Jadilah tempat sharing yang nyaman
Jika tidak memiliki seseorang untuk berbagi cerita, seorang anak bisa menjadi sedikit merasa terkurung. Meskipun Anda telah memenuhi segala kebutuhannya, tapi Anda tidak bisa mendengarkan segala ceritanya, dia akan merasa sendiri. Cobalah untuk memahaminya dan menjadi pendengar yang baik. Biarkan dia menumpahkan isi hatinya tentang sahabatnya atau kekasihnya, atau mungkin membantunya mengerjakan PR.

Jika Anda salah, jangan takut untuk mengakuinya dan meminta maaf
Mengakui kesalahan dan meminta maaf memang sangat berat untuk dilakukan, apalagi dalam posisi sebagai orang tua. Seberat apapun, cobalah untuk melakukannya jika Anda ingin berhasil mendidik putra-putri Anda untuk bertanggung jawab. Setelah itu, coba jelaskan mengapa Anda melakukan kesalahan tersebut. Hal itu dapat mengajarkannya untuk tidak takut salah, selama ia bisa bertanggung jawab.

Biarkan ia menikmati waktu bersama ayahnya
Dibanding sang ayah, putra-putri Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan Anda. Hal ini tentu saja kerap membuat mereka merindukan sang ayah. Pada saat itu, biarkan mereka bermain sepuasnya dengan suami Anda sebelum sang ayah harus bekerja sehari semalam lagi.

Cintai dia lebih dari apapun
Setiap orang tua pasti melakukan hal ini. Namun, cara untuk mengungkapkan kasih sayang berbeda satu orang tua dengan orang tua yang lain. Yang jelas, perlakukan dia dengan penuh perhatian dan kasih sayang serta pelajari cara yang tepat untuk mengungkapkannya. Jangan sampai perhatian Anda malah tidak sampai padanya hanya karena kesalahan dalam mengomunikasikannya.

Bagi para wanita yang telah maupun akan menjadi ibu, tidak ada salahnya menerapkan tips-tips di atas untuk bisa menjadi ibu yang terbaik bagi sang buah hati. Jangan malu-malu untuk mengungkapkan kasih sayang. Dengan kasih dan sayang yang Anda berikan, putra-putri Anda juga pasti akan mencintai Anda.

 

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading