Sukses

Parenting

Tips Menyusui Agar Puting Ibu Tidak Lecet

Bunda, apakah Anda sering mengalami puting lecet saat menyusui? Sebagian besar ibu yang baru pertama kali melakukannya kerap mengalami hal ini. Penyebabnya ternyata adalah posisi menyusui yang kurang pas, Bunda. Saat hal tersebut terjadi, biasanya areola tidak masuk ke dalam mulut bayi sehingga ia hanya menghisap puting dan ASI tidak keluar. Akhirnya bayi Anda akan menggigit puting karena gemas dan mengakibatkan lecet.

Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Mengompres puting

Pertama, sebelum menyusui, kompres puting menggunakan kain yang telah direndam air hangat. Usahakan sesering mungkin untuk menyusui bayi Anda, jika biasanya hanya 8 kali sehari, kini tambah menjadi 12 kali sehari.

Lepaskan secara perlahan

Saat bayi Anda mulai menggigit, coba lepaskan secara lembut yaitu dengan memasukkan jari ke sela mulut atau tekan dagunya secara perlahan, pastikan jari Anda dalam keadaan bersih ya, Bunda.

Oleskan ASI pada puting

Setelah menyusui, oleskan ASI pada puting, setelah itu angin-anginkan hingga kering. Hal ini akan membantu dalam menyembuhkan lecet karena ASI mengandung zat penyembuh luka. Jika ternyata terjadi infeksi, segera hubungi dokter ya, untuk mendapat pereda rasa sakit. Jika Anda harus minum obat, usahakan untuk meminumnya dua jam sebelum menyusui.

Cukup dengan mengikuti beberapa tips di atas dan Anda akan lebih tenang dalam menghadapi si kecil yang mulai menggigit puting Bunda. Semoga bermanfaat, Bunda.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading