Sukses

Parenting

Wajib Baca: Waspada Penculikan Bayi di Rumah Sakit Dengan 6 Tips Berikut Ini

Kelahiran bayi adalah sebuah momen yang sangat membahagiakan bagi keluarga. Namun, keluarga patut waspada karena bayi yang baru lahir rentan menjadi korban penculikan dan perdagangan manusia. Apalagi jika bayi masih berada di tempat umum, misalnya di rumah sakit.

Kasus penculikan bayi yang terjadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung beberapa hari yang lalu seakan membukakan mata kita bahwa sekalipun penjagaan dilakukan oleh pihak rumah sakit dan keluarga, ternyata kejahatan pun masih dapat terjadi. Maka itu, waspadai tindakan penculikan bayi dengan cara sebagai berikut, seperti yang dilansir oleh sutterhealth.org:

  • Kenalilah dengan baik perawat dan petugas rumah sakit yang akan merawat Anda selama masa melahirkan dan khususnya yang akan merawat bayi Anda.
  • Jangan mudah percaya dengan orang-orang yang masuk ke ruang perawatan Anda atau orang asing yang bertanya tentang bayi Anda walaupun mereka menggunakan seragam khas rumah sakit. Jika hal ini terjadi, segera beritahukan kepada petugas rumah sakit yang Anda kenal untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.
  • Jangan memberikan kepercayaan kepada siapapun kecuali keluarga dan petugas yang menggunakan identitas jelas untuk menggendong bayi Anda. Tanyailah kepentingan siapapun yang mencoba membawa bayi Anda keluar dari ruangan.
  • Jika bayi Anda memerlukan beberapa tes kesehatan, cari tahu siapa yang akan melakukan tes tersebut, di mana tes akan dilakukan dan berapa lama tes dilakukan terhadap bayi Anda. Jika memungkinkan, Anda atau suami dapat ikut selama proses tes berlangsung.
  • Jangan meninggalkan bayi sendirian di dalam ruangan.
  • Jika bayi Anda dibawa ke ruangan perawatan bersama Anda, pastikan tempat tidur bayi berada di sisi tempat tidur Anda dan jauh dari sisi pintu kamar.

Karena bayi masih sangat rapuh dan tidak dapat menolong dirinya sendiri, maka sebagai orang dewasa lah yang dapat patut waspada untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan agar tak terjadi. Semoga informasi ini dapat berguna bagi para calon orang tua agar kejadian penculikan bayi tidak terulang kembali ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading