Sukses

Lifestyle

Akun Twitter Putri Nia Daniati Jadi Korban Pemalsuan Identitas, Waspadalah!

Oleh: Winda Carmelita

Ladies, hati-hati menggunakan Twitter Anda, karena tak semua orang dapat bijak menggunakannya. Pemalsuan identitas menjadi masalah yang kerap ditemui dalam penggunaan social media, seperti yang kini tengah dialami oleh Olivia Nathania, putri Nia Daniaty.

Di tengah kisruh rumah tangga Farhat Abbas dan Nia Daniati, tiba-tiba di Twitter muncul sebuah akun Twitter menggunakan nama @OliviaNathania_. DIlansir oleh KapanLagi.com, Oi, panggilan Olivia Nathania mengajukan protes kepada pemilik akun yang mencatut nama dan fotonya.

Foto: copyright Twitter.com/@Cassaliazielens

Oi merasa keberatan namanya digunakan oleh akun yang menyebarkan tweet-tweet yang dianggapnya memperkeruh suasana. Padahal, sosok Oi di Twitter diwakili dengan nama  bukan menggunakan nama aslinya. Namun, rupanya sang pemilik akun @OliviaNathania_ tidak jera dan menghapus akun tersebut walau telah ditegur. Pemilik akun hanya mengganti namanya dengan 'Oi KW 2'.

Gerah dengan tweet @OliviaNathania_, Nia Daniaty pun angkat suara dengan mengirim tweet yang berisi keberatan penggunaan namanya untuk akun Twitter yang berpotensi memanas-manasi tersebut.

Foto: copyright Twitter.com/NiaDaniatyNew

Kasus seperti ini tentunya bukan hanya menimpa Oi, bahkan tidak menutup kemungkinan menimpa kita semua pengguna akun jejaring sosial. Tapi tahukah Anda, pemalsuan identitas pada jejaring sosial seperti Twitter sebetulnya merupakan tindakan ilegal yang terikat hukum?

Dalam dunia cybercrime, hal ini disebut dengan impersonation atau berpura-pura menjadi orang lain dengan tujuan tertentu. Orang yang dengan sengaja memalsukan data seolah-olah data tersebut adalah data yang otentik, dapat dijerat dengan pasal 35 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang UU ITE. Bahkan, jika pelakunya berhasil diketahui, bukan tak mungkin sang pelaku dapat terancam hukuman penjara 12 tahun atau denda hingga Rp. 12 milyar.

Meskipun tampak sepele, tetapi penggunaan social media juga memiliki resiko yang harus disadari semua penggunanya. So, use your Twitter wisely ya, Ladies!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading