Sukses

Parenting

Bunda, Yuk Amankan Internet di Rumah, Intip Tipsnya Berikut Ini

Oleh: Winda Carmelita

Di jaman serba digital ini, seluruh akses informasi dapat ditemukan dengan mudah. Internet penuh dengan website-website yang membantu mencari informasi dengan mudah, tetapi juga banyak bertebaran website-website dengan konten yang perlu pengawasan, khususnya untuk anak-anak. Selain itu, penggunaan internet yang kebablasan dapat mengarahkan pada tindakan cyberbullying, perkenalan anak dengan orang asing yang dapat membahayakan dan download konten-konten pornografi.

Bunda, walaupun kita tak dapat mengendalikan seluruh dunia dalam menggunakan internet, tetapi paling tidak kita dapat mengendalikan penggunaannya dari lingkungan yang paling dekat, yaitu rumah. Bagaimana caranya? Tim Vemale akan membagikan beberapa tips ini untuk Anda:

Mulailah Dengan Web Filtering

Anda dapat mencegah anak-anak mengakses website yang tidak sesuai dengan umurnya menggunakan web filtering, misalnya dengan menginstall OpenDNS di komputer rumah. Aplikasi web filtering seperti ini dapat mem-blocked situs-situs dewasa dengan otomatis. Selain OpenDNS, web filtering juga dapat diinstall di smartphone dengan aplikasi bernama K9 Web Protection.

Gunakan Fitur Family Safety

Pengguna komputer Windows kini telah dibekali dengan fitur parental controls yang berguna untuk mengontrol penggunaan komputer berdasarkan apa saja situs yang diakses. Selain itu, fitur Family Safety ini dapat mengatur berapa lama PC dapat digunakan, games dan program-program apa saja yang dapat diakses oleh si kecil. Anda juga dapat melihat laporan aktivitas dari akun komputer yang digunakan si kecil.

Atur Social Media Si Kecil

Untuk anak-anak, sebaiknya memang tidak diberikan akses untuk menggunakan social media sendirian. Ini berhubungan dengan Terms And Condition masing-masing website yang umumnya memiliki standar usia pengguna. Untuk Facebook dan Twitter, minimal usia pengguna adalah 13 tahun. Tentunya hal ini juga masih harus diiringi pengawasan orang tua dalam penggunaannya.

Pastikan bahwa social media milik si kecil memiliki batasan siapa-siapa saja yang dapat mengaksesnya karena berhubungan dengan identitas dan foto-foto yang diunggah ke akun social media tersebut. Tidak ingin 'kan foto buah hati disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab?

Bagaimana, Bunda, apakah Anda siap untuk mengamankan internet di rumah Anda? Selamat mencoba!

 

 

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading