Sukses

Parenting

Benarkah Operasi Cesar Berisiko Timbulkan Alergi?

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil saat ini bisa menjalani proses melahirkan dengan cara normal atau caesar. Untuk beberapa kondisi, ada ibu hamil yang memang harus menjalani operasi caesar saat persalinan. Namun jika memang tidak ada halangan apa pun untuk melahirkan normal, akan lebih baik jika melakukan persalinan normal dibanding caesar.

Karen dilansir dari New Parent, sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam February 2013 American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menemukan bahwa ada hubungan erat antara melahirkan operasi caesar dengan tingginya risiko alergi.

Penelitian yang dilakukan pada 1.258 bayi yang baru lahir ini menunjukkan bahwa persalinan caesar lima kali lebih berisiko mengembangkan alergi pada bayi di usia 2 tahun dibanding bayi yang dilahirkan dengan persalinan normal.

Hasil penelitian bahkan menunjukkan indikasi bahwa bayi yang dilahirkan caesar lebih rentan mengalami diare, asma dan alegi makanan karena mereka tidak mengalami kontak dengan bakteri di vagina yang ternyata merangsang perkembangan kekebalan kesehatan bayi.

Penulis penelitian, Christine Cole Johnson, Ph.D., MPH, mengungkapkan bahwa hal ini sekaligus membuktikan, jika paparan mikroorganisme pada bayi sejak dini ternyata juga mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan dan timbulnya alergi. Beberapa bakteri ternyata mampu merangsang kekebalan tubuh bayi sehingga tak mudah terkena alergi saat tumbuh nanti.

Jadi, selama tak ada halangan untuk melahirkan secara normal, tak perlu memilih persalinan caesar ya.

;
Loading