Sukses

Parenting

Suka Hewan Reptil? Ini Penyakit Yang Bisa Ditularkan Peliharaan Anda

Jika ada pecinta anjing dan kucing, maka ada juga komunitas pecinta reptil yang lebih menyukai ular, kura-kura, iguana dan hewan reptil lainnya sebagai hewan peliharaan mereka.
Meski mungkin masih agak aneh dan seram karena umumnya hewan reptil bukan hewan yang bisa diajak tidur bersama atau tidak bisa dibelai lembut dan membuat Anda gemas, namun banyak juga yang suka memelihara reptil.

Jika Anda salah satu pecinta reptil dan punya peliharaan reptil di rumah, sebaiknya Anda juga berhati-hati karena dikutip everydayhealth.com, hewan reptil bisa menularkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella atau lebih dikenal sebagai salmonellosis. Selain ular dan hewan jenis kadal, kura-kura dan iguana juga bisa menularkan bakteri ini.

Orang yang terinfeksi bakteri salmonella bisa jadi tidak menunjukkan gejala yang bisa dilihat pada hewan, namun bisa menimbulkan diare, demam dan kram otot pada manusia yang bisa berlangsung hingga seminggu. Sebaiknya menghindarkan anak-anak dan orangtua untuk dekat-dekat dengan hewan reptil untuk menghindari terkena risiko salmonellosis.

Untuk langkah pencegahan, sebaiknya periksakan peliharaan Anda rutin ke dokter hewan dan cuci tangan hingga bersih setelah memegang atau bermain bersama peliharaan. Kontak dengan kandang reptil yang kotor juga bisa berisiko terserang salmonella. Jadi selalu jaga kebersihan tempat tinggal reptil dan pastikan makanan yang Anda berikan dibersihkan dahulu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading