Sukses

Parenting

Ini Nih Yang Harus Ada Dalam Menu Sarapan Anda

Ladies, tentu Anda tahu bahwa sarapan adalah jadwal makan paling penting dalam sehari, meskipun pada sore hari Anda akan mulai lapar jika tidak makan siang. Namun bukan sekedar sarapan lho Ladies. Meskipun Anda makan makanan sehat saat sarapan, misalnya buah, sereal atau roti gandum, bisa jadi makanan tersebut bukanlah yang Anda butuhkan untuk menghadapi hari yang panjang, seperti yang dilansir oleh Womenshealthmag.com.

"Tidak peduli apapun makanannya, piring Anda harus mengandung: setengah bagian diisi oleh buah dan sayur, seperempat bagian diisi oleh whole grain, dan seperempatnya lagi diisi oleh protein", kata Krista Yoder Latortue, M.P.H., R.D. Protein merupakan yang paling penting yang harus Anda perhatikan, namun Anda justru mudah melupakannya. 

Protein bukanlah sekedar penambah tenaga bagi tubuh Anda. "Jika Anda hanya makan karbohidrat saat sarapan, sistem metabolisme tidak akan berjalan sepanjang hari itu. Lapar yang Anda rasakan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu apa yang Anda makan dan seberapa banyak Anda memakannya. Jika Anda tidak makan protein saat sarapan, Anda akan merasa sangat lapar pada jam makan siang. Saat Anda kelaparan, pilihan makanan Anda akan sangat buruk", tambahnya.

Ada alasan lain mengapa mengurangi jatah protein saat sarapan itu buruk. Sistem dalam tubuh Anda membutuhkan sekitar 30 gram protein dalam satu proses. Dan jika tubuh Anda tidak memiliki jumlah protein yang cukup pada pagi hari, akan sulit mencukupi sisanya di sisa waktu dalam hari itu. Kebanyakan wanita membutuhkan 80-100 gram protein per hari, meskipun jumlah tersebut bergantung pada berat badan dan aktifitas Anda", jelas Yoder Latortue.

Anda tidak harus makan makanan seperti steak atau ayam goreng untuk sarapan. Anda bisa mencukupi kebutuhan protein dengan telur atau keju, plus buah-buahan. 

Anda harus ingat bahwa untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda harus mencukupinya dengan makanan yang mengandung protein, bukan dari suplemen protein. "Sumber protein yang bagus berasal dari binatang, misalnya ayam, sapi, ikan, telur, susu, keju, yogurt. Namun jangan lupakan protein yang berasal dari tanaman, seperti kacang-kacangan", tambah Yoder Latortue.

Nah Ladies, jadi Anda harus mengganti menu sarapan Anda ya. Sepertinya sarapan dengan roti dan selai cokelat saja tidak cukup ya.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading