Sukses

Parenting

Kenal Lebih Dekat Dengan Demam Tipus

Demam tipus diakibatkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Bakteri ini menyerang saluran usus dan aliran darah. Gejala awal dari penyakit tipus adalah demam, lemah, sakit kepala dan sakit perut. Gejala biasanya membaik dalam 2-4 minggu dengan perawatan yang tepat.

Jika kamu terinfeksi demam tipus kamu dapat melakukan beberapa tindakan ini, seperti yang dilansir top10homeremedies.com berikut:

    Kompres air dingin

    Bila kamu memiliki demam tinggi, berlaku kompres dingin untuk membantu suhu tubuh turun dengan cepat. Gunakan waslap basah dingin untuk spons daerah seperti ketiak, kaki, tangan dan pangkal paha untuk mengurangi suhu tubuh. Lakukan ini secara teratur untuk menurunkan demam. Hindari menggunakan air yang terlalu dingin karena akan memperburuk keadaan.

    Minum yang banyak

    Saat demam kemungkinan kamu akan merasa dehidrasi. Minum sekitar 8 sampai 10 gelas. Selain minum yang banyak untuk mengurangi risiko dehidrasi konsumsi air kelapa, teh herbal, jus buah segar, sup dan air gula.

    Bawang putih

    Bawang putih membantu melawan bakteri yang menyebabkan demam tipus. Bawang putih juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu,bawang putih membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mempercepat pemulihan karena demam tipus.

    Pisang

    Pisang dapat menurunkan demam dan mengobati diare bagi penderita demam tipus. Pektin yang dikandung dalam pisang dapat membantu menyerap cairan dalam usus, sehingga mengurangi diare. Selain itu, kalium dalam pisang membantu mengganti elektrolit yang hilang selama demam dan diare.

Mengobati dan melakukan perawatan yang tepat pada penderita demam tipus akan mempercepat proses pemulihan dari demam tipus. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading