Sukses

Parenting

Kondisi Langka, Sebuah Pelukan Bisa Menyakiti Anak Perempuan Ini

Ketika kulit melepuh, terdapat luka bakar atau kondisi lain, hal ini akan membuat kita merasa sangat sedih, sakit dan tidak nyaman. Jika kita yang sudah dewasa saja merasa sangat tidak nyaman ketika kulit terluka, bagaimana jika hal ini terjadi pada anak kecil? Kali ini, kisah mengharukan datang dari seorang gadis manis yang masih berusia 7 tahun asal Inverness bernama Isla Grist. Gadis manis ini dikatakan menderita kondisi langka yang membuat kulitnya sangat rapuh dan menyebabkan kulitnya melepuh, meninggalkan luka seperti luka bakar dan mengalami ruam parah.

Isla | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, Isla terlahir dengan kondisi genetik langka di mana ia tidak memiliki kolagen untuk membuat kulitnya sehat dan terlindungi seperti kulit orang lain pada umumnya. Kondisi ini sendiri sering disebut sebagai Resesif Distrofi Epidermolisis Bulosa (REDP). Karena kondisi ini, sentuhan ringan saja bisa membuat kulit Isla melepuh dan meninggalkan luka bekas dengan sangat cepat. Yang lebih menyedihkan, pelukan hangat dari orang-orang tercintanya juga bisa membuat kondisinya semakin buruk.

Isla harus menjalani perawatan intensif beberapa kali karena kondisinya yang begitu memprihatinkan | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Anak-anak dengan kondisi seperti Isla biasa dikenal sebagai anak kupu-kupu. Apa itu anak kupu-kupu? Suatu kondisi yang sangat rapuh dimana sentuhan kecil saja bisa merusak tubuhnya dan memperburuk kondisinya seperti sayap kupu saat disentuh. Untuk menghindari semakin buruknya kondisi kulitnya, gadis yang masih berusia 7 tahun ini harus membungkus tubuhnya dengan perban dari ujung kaki hingga ujung kepala. Ia juga tak bisa bermain dan beraktivitas layaknya anak-anak seusianya.

Ibu Isla yang bernama Rachael mengatakan,

"Kami tak ingin melihatnya berbeda dari anak-anak pada umumnya. Tapi, inilah yang terjadi padanya. Kondisinya semakin memburuk setiap kali ia ingin melakukan aktivitas yang dilakukan orang lain. Kulit Isla sangat rapuh seperti kertas tisu yang basah. Kulit tersebut akan sangat mudah melepuh dan ruam serta mengalami luka. Sentuhan dan tekanan sedikit saja membuat kulitnya sangat mudah melepuh.

Isla dan sang bunda | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Rachael mengaku tidak tahu menahu dengan apa yang terjadi pada Isla saat ia lahir di rumahnya tahun 2008. Namun, ia mengetahui ada yang salah dengan putrinya setelah tim dokter bergegas membawa bayi Isla ke rumah sakit. Di rumah sakit inilah, ia lalu didiagnosa dengan REDP. Isla terlahir tanpa kolagen pelindung kulit dan membuat kulitnya sangat rapuh. Untuk merawat dan menjaga Isla hingga saat ini tentu bukan suatu hal yang mudah. Rachael dan suaminya Andy (42) selalu khawatir dengan tumbuh kembang Isla. Mereka juga selalu berhati-hati dalam menjaga buah hatinya tersebut.

Isla bersama saudara perempuannya | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Meski menderita kondisi langka yang membuatnya terlihat begitu memprihatinkan, Isla dikenal sebagai anak yang ramah, murah senyum dan selalu semangat dalam menjalani hidup. Walau berulang kali masuk dan keluar rumah sakit, gadis manis ini tidak pernah mengeluh. Ia bahkan telah menguatkan keluarganya bahwa ia baik-baik saja dengan kondisinya tersebut. Isla adalah gadis yang ceria dan selalu berpikir positif.

Isla yang begitu ceria saat bersama keluarganya | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Tidak diketahui berapa lama lagi Isla akan bertahan hidup dan mampu melewati ini semua. Tapi tim dokter yang menanganinya yakin bahwa ia bisa bertahan hidup dalam waktu yang lebih lama jika ia selalu semangat, ceria dan tidak mengeluh dengan kondisinya. Mmm, kasihan sekali dengan Isla ini ya Ladies. Semoga, Tuhan selalu bersamanya dan ia pun mendapat mukjizat agar ia bisa segera sembuh dan tumbuh serta berkembang seperti anak-anak lain pada umumnya. Tetap semangat Isla, percayalah, kamu akan baik-baik saja.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading