Sukses

Parenting

Nilai Penting dari Memberi Angpao Lebaran kepada Anak

Tradisi memberi uang saat lebaran kepada anak-anak baik keponakan, cucu tetangga maupun kerabat sudah menjadi tradisi yang tidak lepas dengan momen lebaran. Tidak ada nominal yang menjadi batasan berapa yang harus diberikan kepada anak-anak. Yang terpenting adalah kamu memberikannya secara ikhlas.

Jadi apa sebenarnya nilai penting yang diperoleh dari memberi angpao saat lebaran. Momen lebaran adalah hari yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya kamu memberikan angpao kepada anak-anak. Tidak harus berupa uang kamu dapat memberi beberapa bingkisan seperti baju, buku atau peralatan sekolah.

Memberi angpao lebaran tidak hanya cukup memberi saja, berikan pengertian dan mengajarkan nilai manfaat uang angpao, dengan cara sebagai berikut:

    Mendapatkan Uang Tidak Mudah

    Sebelum si kecil tahu nilai uang yang kamu berikan. Ajarkan dan beri pengertian bagaimana kamu memperoleh uang tersebut, mulailah dengan cara menceritakan pekerjaan kamu.Dengan menjelaskan hal itu mereka akan tahu dan mengerti bahwa untuk memperoleh uang tidaklah mudah.

    Apa yang Dia Inginkan

    Saat menjelang lebaran tanyakan pada si kecil apa keinginannya. Dan beri pemahaman untuk mendapatkan benda yang dia inginkan ia perlu menabung. Dengan menyimpan uang angpaonya maka ia dapat membeli barang yang dia inginkan.

    Mengajarkan Menabung

    Ajarkan pada si kecil untuk menyisihkan uang angpao yang didapat. Setelah membeli barang yang dia inginkan, ingatkan untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Jika dia belum memiliki rekening sendiri kamu dapat membelikan satu buah celengan untuk menyimpan uang angpaonya.

    Ajarkan untuk Berbagi

    Dia sudah tahu bahwa uang yang dia terima saat lebaran didapat dengan cara yang tidak mudah. Berikan pengertian makna penting tentang berbagi. Si kecil akan lebih mudah mencontoh perbuatan daripada kata-kata, jadi mengapa kamu tidak memberikan contoh yang baik itu.

Nah, demikian manfaat penting lainnya dari angpao lebaran. Dan yang terpenting lebaran bukan ajang untuk bermewah-mewahan tapi untuk bersyukur. Selamat menunggu lebaran.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading