Sukses

Parenting

PRT Belum Kembali? Selesaikan Urusan Rumah Tangga Sendiri

Seminggu telah berlalu usai merayakan Lebaran, para pemudik sudah mulai kembali dari kampung halaman untuk menjalani kembali aktivitasnya seperti semula. Namun, fenomena menarik setiap selesai Lebaran adalah Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Bahkan, diperkirakan banyak dari mereka yang tidak balik lagi ke rumah majikannya.

Hal ini nampaknya juga tengah dirasakan oleh wanita Maria Andiani Permata. Maria mengaku bahwa peran PRT sangat membantunya baik dalam hal mengurus rumah atau mengurus buah hati saat dirinya bekerja di kantor. Tapi, sampai saat ini PRT yang bekerja di rumahnya belum juga kembali. Alhasil, ia pun harus menghandle semua pekerjaan rumah serta mengurus buah hati secara pribadi alias sendiri. Ria yang merupakan sapaannya tersebut merasa jika kondisi seperti ini merupakan suatu hal yang cukup wajar. Untuk itu, ia tak pernah mengeluh.

Ria bersama buah hati | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Rasanya campur aduk jadi satu antara sebal dan kesal. Tapi ternyata memang itu menjadi sebuah fenomena spektakuler buat para ibu karier yang memang mengandalkan sepenuhnya pekerjaan rumah pada PRTnya. Karena semua yang ada di rumah saya bekerja, aktivitas terkait pekerjaan rumah dan mengasuh anak ya bertumpu pada PRT," ucap Ria kepada Vemale di Jakarta pada Rabu tanggal 13 Juli 2016.

Bila ada PRT, tugas Ria sebagai Ibu Rumah Tangga tentu menjadi lebih ringan. Kalau ada PRT, di pagi hari biasanya PRT sudah melakukan aktivitasnya seperti mencuci baju, mencuci piring kotor dan mengepel lantai. Sementara Ria, dirinya biasanya melakukan rutinitas mengurus anak seperti memandikan dan menyuapinya makan sebelum berangkat kerja.

"Susah-susah gampang karena harus membagi waktu antara pekerjaan rumah, mengurus anak dan bekerja. Paling tidak kita harus bangun lebih awal dari biasanya. Di hari-hari ketika ada PRT kita bangun jam 05.00 pagi, sekarang jam 04.30 kita sudah bangun untuk memulai mengerjakan pekerjaan rumah. Ya, supaya tidak kesiangan saat pergi ke kantor," tambah wanita kelahiran Jakarta ini.

Buah hati Ria diajak pergi ke kantor karena PRT belum balik | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Karena tidak mau meninggalkan Kinara Alifya Sunandar atau putrinya di rumah sendirian, ia pun terpaksa membawa anaknya ke kantor. Ria mengaku dengan membawa buah hatinya cukup mengganggu konsentrasi saat bekerja. Tapi mau bagaimana lagi, ia harus selalu ada bersama anaknya.

"Sebenarnya memang cukup mengganggu karena konsentrasi kita akan terpecah antara pekerjaan dan menemani anak bermain di kantor. Ya, segala upaya dilakukan agar anak tetap anteng dan tidak rewel ketika di kantor. Kita bisa membawa segala kebutuhannya mulai dari makanan, susu, bantal untuk anak beristirahat, hingga membawa mainan atau gadget yang berisi permainan dan video yang disukainya agar ia tetap anteng dan nyaman." terangnya.

Buah hati Ria saat berada di kantornya | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Ria pun berbagi tips untuk para ibu yang sibuk bekerja dan PRT-nya belum juga kembali untuk mengurus rumah dan si kecil sebelum pergi bekerja. Ria mengatakan, "Saat anak-anak kita masih terlelap tidur, bangunlah lebih awal dan semaksimal mungkin selesaikan semua pekerjaan rumah. Jika tiba waktu anak bangun kan semua pekerjaan telah selesai, tinggal kita mengurus si kecil."

Nah, buat bunda yang saat ini PRTnya juga belum kembali dan mengurus urusan rumah tangga serta si kecil sendiri, usahakan untuk tetap semangat dan cobalah untuk bangun lebih pagi. Bereskan semua pekerjaan rumah dengan sabar, tulus dan ikhlas agar bunda tetap merasa nyaman, bahagia serta tidak terlalu lelah. Semoga, artikel ini bermanfaat ya

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading