Sukses

Parenting

Ubi Ungu, Makanan Sehat yang Baik Untuk MPASI

Setelah enam bulan, bayi tak hanya membutuhkan nutrisi dari ASI saja. Melainkan, bayi juga perlu mendapatkan nutrisi dari Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang padat gizi. Tentunya, ini bertujuan untuk mendukung daya tahan tubuh bayi agar ia tidak mudah sakit dan ia pun bisa tumbuh serta berkembang secara optimal.

Perlu kita tahu, pada masa tumbuh kembang bayi, sekitar 70% sel imun dibentuk dalam saluran pencernaan. Tetapi, secara fisiologis saluran pencernaan bayi belum bekerja dengan sempurna sehingga belum maksimal dalam menjalankan sistem imun. Oleh karenanya, bayi sangat rentan mengalami berbagai masalah pencernaan. Sementara itu, agar dapat menyerap gizi dan makanan yang dikonsumsi, hal ini sangat diperlukan sistem pencernaan yang sehat. Ini juga perlu didukung dengan konsumsi makanan yang bisa membantu sistem pencernaan bayi menjadi lebih sehat.

Ubi ungu merupakan makanan sehat untuk MPASI | Photo: Copyright parade.com

"MP-ASI penting mendukung perkembangan saluran cerna sebab dapat mengembangkan sistem kekebalan paling besar dalam tubuh. Sistem saluran cerna yang imatur juga perlu untuk terus dikembangkan. Ini agar kemampuan digestive di tahun pertama anak menjadi lebih baik." ujar dr. Julistio Djais, SpA(K), Kes.

Mom bisa memberikan ubi ungu untuk MPASI pada buah hati. Hal ini mengingat bahwa ubi ungu memiliki semua sumber gizi yang dibutuhkan buah hati. Ubi ungu sendiri merupakan salah satu pangan lokal yang tergolong superfood karena mengandung betakaroten dan antosianin. "Ubi ungu dapat dijadikan pilihan karena tidak hanya mengandung zat gizi yang lengkap seimbang, tetapi juga mengandung antioksidan alami berupa antosianin dan betakaroten." tambah dr. Julius.

Menariknya lagi, ubi ungu mengandung pigmen warna ungu yang bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti kanker, serta anti-bakteri. Mom pun dapat membuat sendiri ubi ungu sebagai mpasi, campur saja ubi ungu dengan susu, bisa susu dari ASI atau dari susu bubuk full cream. Dari situ buah hati sudah mendapatkan karbohidrat dan serat yang cukup.

Tapi ingat, usahakan agar merebus ubi ungu hingga benar-benar matang dan membuat teksturnya menjadi sehalus mungkin sebelum ia benar-benar diberikan kepada buah hati. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/asp/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahaya Kesehatan pada Anak Konsumsi Gula Berlebih
Artikel Selanjutnya
Penuhi Nutrisi Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan