Sukses

Parenting

Bekali Anak dengan 9 Kecakapan Hidup Ini Agar Tak Manja

Mengasuh dan membesarkan anak memang tak bisa sembarangan. Butuh metode dan cara sendiri agar tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan baik. Apalagi di dunia yang serba cepat dan dinamis seperti sekarang ini, penting untuk membekalinya sejumlah kecakapan hidup yang penting sejak dini agar ia bisa jadi anak yang mandiri dan tak manja kemudian hari.

Kecakapan hidup (life skills) ini penting untuk dimiliki anak. Dan sebagai orang tua, kita perlu membimbing dan membantu anak untuk bisa dapat bekal yang cukup untuk masa depannya. Menurut definisi World Health Organization (WHO), life skillsatau kecakapan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif.

Berikut ini 9 kecakapan hidup yang perlu dimiliki dan dipelajari anak sebelum menginjak usia 10 tahun. Selengkapnya, yuk simak infonya di sini.

1. Mencuci Baju

Kenapa perlu mengajari anak untuk mencuci bajunya sendiri? Anak perlu dilatih untuk bisa bertanggung jawab dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Jadi tak cuma menyuruh-nyuruh orang lain atau menggantungkan diri pada orang lain tapi juga bisa mengandalkan diri sendiri menyelesaikan sesuatu.

2. Menanam atau Berkebun

Menanam sesuatu dari biji atau tunas, anak bisa belajar soal tanggung jawab. Merawat tanaman butuh kesabaran. Mulai dari menyiraminya secara rutin, memberinya pupuk, hingga menyiangi. Anak-anak usia TK dan PAUD sudah bisa diajari untuk bercocok tanam dengan cara yang paling sederhana.

3. Membungkus Kado

Dari membungkus kado, anak bisa belajar cara menghargai seseorang. Ia juga bisa belajar arti bahagia dengan berbagi.

4. Menulis Surat

Zaman sekarang mungkin sudah jarang ditemukan orang yang melakukan kebiasaan surat menyurat. Menulis surat bisa jadi cara untuk belajar soal empati. Bahkan bisa membangkitkan kreativitas anak dengan mengajarinya untuk menghias surat pakai gambar atau pernak-pernik menarik.

5. Menyiapkan Makanan

Menyiapkan makanan untuk anggota keluarga lain bisa meningkatkan rasa kebersamaan. Dampingi anak saat menyiapkan makanan agar tak menumpahkan makanan atau memecahkan peralatan makan. Sekadar mengajarinya cara memecah telur sudah jadi cara sederhana untuk memberinya pelajaran yang berharga.

6. Memahami Petunjuk Jalan dan Rambu-Rambu Lalu Lintas

Saat berada di tempat umum, anak-anak rentan tersesat. Untuk mengantisipasi hal ini, anak-anak perlu dibekali cara memahami petunjuk jalan. Selain itu, beri arahan yang bisa diikuti bila ia tersesat, misalnya segera cari pos polisi.

7. Mengobati Luka Ringan

Luka ringan seperti lecet atau teriris bisa diobati cukup dengan betadine atau obat merah. Bantu anak agar tak panik jika mendapat luka ringan seperti itu. Jika nanti ia mendapat luka tersebut sementara tak ada orang dewasa yang bisa dimintai bantuan, setidaknya ia bisa memberi pertolongan pertama untuk dirinya sendiri.

8. Membersihkan Kamar Mandi

Ajarkan soal menjaga kebersihan pada anak sejak dini. Bisa dengan mulai membuat jadwal rutin membersihkan kamar mandi. Tak perlu yang terlalu berat, bisa dengan cukup menggosok lantai atau membersihkan alat-alat mandi.

9. Berbelanja

Beri pemahaman soal uang pada anak sejak dini. Agar ia juga tahu cara bijak menggunakan uang. Supaya ia juga terhindar dari perilaku konsumtif.

Dari hal-hal sederhana yang bisa dikerjakan di rumah, anak bisa belajar banyak hal. Bahkan dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya untuk masa depannya dengan memiliki kepribadian dan karakter yang lebih positif.

Semoga info ini bermanfaat untuk Bunda, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading