Sukses

Parenting

Sarapan Bukan Hanya Makan, Ada Cinta Ibu di Dalamnya

Mom, sadarkah bahwa sarapan yang Mom siapkan pagi ini untuk si kecil melampaui nilai sebuah makanan? Ada cinta, sayang, dan kasih ibu di dalamnya. Si kecil yang memakannya, meski belum sadar, akan memiliki ikatan batin yang kuat dengan Mom. Singkatnya, kasih sayang dalam sepiring sarapan!

Demikian disampaikan psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana Hadiwidjojo. "Sarapan itu beyond nutrition. Orangtua yang tidak sempat duduk bareng untuk sarapan dengan anak, bisa menyiapkan sarapan sebelum mereka berangkat. Siapkan saja, anak akan tahu bahwa 'Ini tadi Mama yang menyiapkan'," papar Vera dalam jumpa pers peluncuran kampanye 'Ayo Bangun Indonesia: Bangun Masa Depan Melalui Kebiasaan Sarapan Sehat' yang digalang Nestle di bilangan Senayan, Jakarta, Kamis (9/2).

Mengenalkan sarapan sehat untuk keluarga | copyright: redaksi vemale

Kampanye ini sendiri merupakan bagian dari Pekan Sarapan Nasional (PESAN 2017) yang diperingati setiap tanggal 14 - 20 Februari 2017. Pentingnya sarapan disuarakan sekeras mungkin karena memang dampak hebatnya pada tubuh anak dan dewasa.

Dalam literasi yang dikumpulkan psikolog Vera, diketahui bahwa anak yang sarapan akan lebih mampu berkonsentrasi, lebih cepat tanggap, dan berprestasi lebih baik di sekolah. Selain itu, sarapan akan membuat anak bangun lebih pagi sehingga terbina kedisplinan.

"Sarapan juga meningkatkan kemampuan mental, kemampuan mengerjakan soal, serta koordinasi mata dan tangan," papar Vera lagi.

Ditambahkan ahli gizi dari IPB, Prof.Dr.Ir Ali Khomsan bahwa anak yang tidak sarapan punya kekurangan yang tak disangka-sangka. "Dari penelitian pada 56 anak di bawah usia 12 tahun yang tidak sarapan akan memiliki kecenderungan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang diperbuat, bermasalah dengan guru, tidak mau menaati peraturan, dan mengambil sesuatu milik orang lain," ujar Ali.

Nestle sebagai pelopor kampanye 'Ayo Bangun Indonesia: Bangun Masa Depan Melalui Kebiasaan Sarapan Sehat' meyakini bahwa sarapan yang sehat akan menciptakan anak sehat yang berujung pada generasi yang lebih baik. Mira Susanti sebagai Nutrition, Health, and Wellness Manager Nestle menyatakan bahwa pihaknya juga ingin mendorong kesadaran akan pentingnya sarapan sehat dan mengubah pandangan bahwa sarapan adalah sesuatu yang rumit.

"Untuk membangun generasi dengan kualitas lebih baik harus dengan sarapan sehat yang bergizi. Bukan hanya sekadar makan dan kenyang," ujar Mira.

Mom, buatlah sarapan yang sehat namun tetap serealistis kemampuan Mom. Ingatlah bahwa makanan awal di pagi itu adalah sumber energi si kecil untuk menyerap segala ilmu yang dilihat dan didengarnya. Yuk, biasakan sarapan sehat agar Mom dan si kecil bisa menjadi sosok terbaik setiap harinya

(vem/zzu/apl)
Loading