Sukses

Parenting

Cara Membangun Karakter Baik Hati pada Anak, Dimulai dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan anak karakter baik itu butuh pembiasaan. Harus ada banyak teladan di sekitarnya untuk bisa mengadopsi sikap dan karakter baik, salah satunya adalah karakter baik hati. Bagaimana cara mengajarkan anak karakter ini?

Kebiasaan dan sikap baik dimulai dari lingkungan yang paling dekat, yaitu rumah atau keluarga. Dilansir dari New Parent, membangun karakter baik sudah bisa dimulai sejak anak belum masuk sekolah, seperti misalnya belajar berbagi dengan saudaranya atau mempertimbangkan kepentingan saudaranya.

Penulis buku 52 Weeks of Parenting Wisdom: Effective Strategies for Raising Happy, Responsible Kids sekaligus konsultan parenting Meg Akabas mengatakan bahwa sebaiknya tidak ada unsur kekerasan, paksaan dan kata-kata kasar ketika mengajarkan anak tentang kebaikan.

Untungnya, membangun suasana menyenangkan di rumah bisa membangun kooperasi antar saudara kandung di rumah, dan antinya anak juga akan belajar menghormati dan menghargai orang lain di luar sana.

Misalnya untuk berbagi ruang bermain atau akmar tidur, pastikan setiap anak memiliki porsi yang sama, membangun suasana bermain yang nyaman sehingga tidak ada pertentangan. Ajarkan juga untuk berterima kasih dan meminta maaf. Perlu diingat juga bahwa pembiasaan karakter baik hati juga perlu waktu. 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Membangunkan Sahur Si Kecil Agar Lebih Mudah dan Bebas Drama
Artikel Selanjutnya
Penyebab Anak Tantrum Sebelum Tidur dan Cara Mengatasinya