Sukses

Parenting

Kerja di Rumah Bebas Stres dan Lebih Produktif, Ini Tipsnya!

Memang saat ini banyak sekali peluang bekerja yang bisa dilakukan dari rumah sebut saja bisnis membuat kerajinan, membuat toko online, menulis, menjadi penerjemah, dan sebagainya. Bahkan sistem bekerja yang bisa dilakukan di rumah sudah menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak wanita, khususnya para ibu rumah tangga. Bisa lebih mudah mengatur waktu dan tetap bisa melakukan pekerjaan rumah tangga.

Tapi tunggu dulu, bekerja dari rumah juga punya tantangannya sendiri. Ambil contoh, menjaga konsentrasi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan di rumah, kadang hal itu tidaklah mudah. Belum lagi jika anak tiba-tiba rewel dan mengajak bermain. Untuk itu perlu strategi khusus jika ingin bekerja di rumah dengan tenang dan tetap produktif. Berikut tips-tips yang bisa diikuti.

    Miliki Jurnal atau Buku Catatan Khusus

    Sering bertanya-tanya kenapa produktivitas bisa lemah ketika bekerja dari rumah? Salah satu penyebabnya adalah karena kita tak mengukur perkembangan sendiri. Memang tidak ada bos atau manajer yang akan memberikan masukan atau laporan perkembangan pekerjaan kita ketika di rumah. Tapi kita tetap perlu mencatat tujuan kita dan mencatat perkembangannya. Cobalah untuk memiliki jurnal atau buku catatan khusus untuk selalu mencatat setiap perkembangan pekerjaan yang dilakukan. Juga mencatat deadline yang harus diselesaikan.

    Bergabung dengan Grup atau Komunitas Pekerja Lainnya

    Bekerja dari rumah kita juga membutuhkan support system. Bekerja dari rumah bukan berarti harus kesepian dan melakukannya sendirian. Manfaatkan media sosial untuk membangun jejaring. Cobalah berkenalan dengan orang-orang di luar sana yang juga memiliki bisnis atau sistem kerja yang sama dengan kita. Saat ini banyak sekali komunitas di dunia maya yang bisa kita ikuti. Apa tujuannya? Tak lain adalah agar kita bisa selalu mendapatkan motivasi dan semangat dalam bekerja. Siapa tahu juga kita akan mendapatkan klien baru dengan jejaring yang kita bangun, ya kan?

    Buat Sudut atau Ruang Kerja Khusus di Rumah

    Konsentrasi bekerja di rumah bisa mudah sekali buyar ketika batas-batas ruang kerja tak dibuat khusus. Untuk itu perlu juga memiliki sebuah sudut ruangan tersendiri yang memang dikhususkan untuk bekerja. Letakkan semua peralatan bekerja di sudut ruangan itu. Punya area khusus untuk bekerja akan membantu kita untuk lebih fokus bekerja. Dalam usaha menyeimbangkan waktu untuk keluarga dan waktu untuk bekerja, pisahkan kepentingannya, bagi prioritasnya dengan baik, ya.

    Sebisa Mungkin Hindari Multitasking

    Menghindari gangguan ketika bekerja di rumah ini bisa terasa jauh lebih sulit dibandingkan ketika bekerja di kantor. Karena ada banyak hal tak terduga yang terjadi di rumah. Kadang kita terpaksa harus mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu bersamaan (multitasking). Padahal ini hanya akan membuat kita merasa makin stres dan terbebani. Saat bekerja, sebisa mungkin kita harus fokus dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam rentang waktu yang sudah kita buat sendiri.



Itu tadi sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba untuk bekerja lebih produktif di rumah. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading