Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengelola Media Sosial untuk Dapat Penghasilan Tambahan

Di zaman digital ini, segala sesuatunya bisa dicek di internet. Tak terkecuali juga media sosial. Media sosial saat ini sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Setiap saat dan setiap waktu, orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan.

Tapi tahu nggak kalau dari media sosial juga kita bisa dapat penghasilan tambahan? Jadi nih daripada dibuat untuk main-main atau cuma narsis saja, manfaatkan media sosial sebagai ladang uang. Bagaimana caranya? Berikut Vemale bagikan empat tips dasarnya.

"Jual" Sesuatu dari Dirimu

Langkah paling dasar dan penting adalah membangun profil diri. Pastikan ada sesuatu yang bisa "dijual" dari dirimu. Misalnya nih, kamu hobi traveling. Maka, jadikan akun media sosialmu sebagai portofolio dari berbagai pengalaman travelingmu. Bisa dengan menampilkan foto-foto hasil traveling-mu atau membagikan tulisan pengalamanmu soal traveling.

Fokuslah pada satu bidang atau hobi khusus. Lalu, isi media sosialmu dengan semua hal yang berkaitan dengan bidang tersebut. Kalau bisa sih isinya jangan yang alay atau narsis saja, ya Ladies. Buat sesuatu yang informatif dan pastinya bisa memberi nilai serta manfaat buat yang membacanya.

Selalu Hidupkan Media Sosialmu

Jangan terlalu nyampah tapi juga jangan sampai membuatnya terbengkalai begitu saja. Selalu hidupkan media sosialmu. Dalam arti selalu tampilkan konten dan isi media sosialmu secara rutin dan berkala. Kalau kamu punya blog atau situs pribadi akan lebih menguntungkan lagi. Jadi kamu bisa menggunakan media sosialmu untuk menyebarkan link tulisan blogmu.

Bergabung dengan Agensi atau Komunitas

Mau bisa dapat info terbaru untuk peluang jadi buzzer atau influancer? Bergabunglah di agensi dan komunitas (biasanya komunitas blog). Biasanya secara berkala pada periode tertentu, ada info soal social media campaign yang bisa kamu ikuti. Sebagai contoh, campaign dari sebuah sponsor yang mewajibkanmu untuk membuat posting-an tentang produk tertentu. Nantinya, kamu pun akan mendapat feeuntuk itu.

Jadi Citizen Journalist (Jurnalis Warga)

Saat ini siapapun bisa jadi jurnalis dan meliput apapun yang kemudian diunggah di media sosial. Kalau kamu jeli, kamu bisa manfaatkan peluang ini. Ambil contoh, kamu suka dengan dunia kuliner. Saat ada kedai atau kafe yang baru buka, kamu bisa coba menanyakan peluang untuk meliput atau membuat ulasan makanan yang disajikan. Biasanya kamu bisa dapat makan gratis dan syukur-syukur dapat uang lelah juga.

Intinya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan dari media sosial. Tinggal bagaimana cara kita melihat celah dan peluang yang ada. Semoga keempat tips dasar di atas bisa membantumu, ya Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading