Sukses

Parenting

Warna Kulit Jadi Gelap saat Sedang Hamil, Ini Alasan Ilmiahnya

Kehamilan merupakan momen yang spesial dan indah bagi perempuan. Tak hanya spesial, momen kehamilan terkadang menjadi waktu yang super mendebarkan, membuat perempuan lebih hati-hati. Kehamilan juga membuat perempuan merasa telah menjadi wanita seutuhnya.

Ketika hamil, perempuan juga akan merasakan banyak hal yang tidak dirasa di kehidupan sehari-hari sebelum hamil. Mulai dari mual berkepanjangan, ngidam berbagai makanan yang tidak biasa, kulit mudah gatal, kulit mudah berwarna gelap hingga kulit mudah kering serta bersisik.

Umumnya, kulit yang akan lebih kering, bersisik dan mudah berwarna gelap adalah kulit leher, perut, dahi, tulang pipi, ketiak, garis rahang serta area genital.

Alasan Kulit Gelap saat Hamil

Lantas, kenapa ini bisa terjadi? Dilansir dari laman boldsky.com, keadaan kulit mudah gelap saat hamil sendiri disebut sebagai Melasma atau Chloasma.

"Pigmentasi warna kulit sering terjadi di dahi, hidung, tulang pipi, ketiak dan leher. Faktor utama dari kondisi ini adalah tubuh mengeluarkan banyak melanin selama hamil dan meningkatkan risiko kulit mudah berwarna gelap atau kusam. Meski pigmentasi ini bersifat sementara, paparan sinar matahari bisa menambah bercak atau kegelapan kulit yang ada." Ungkap para peneliti.

"Hindari terpapar sinar matahari dalam waktu lama agar tidak memperparah Melasma. Hindari juga penggunaan produk kecantikan dengan kandungan bahan kimia keras karena kulit akan lebih sensitif selama kehamilan. Bukannya mempercantik, penggunaan produk kecantikan tidak jarang justru merusak kulit dan berbahaya bagi kesehatan janin." Tambah mereka.

Sahabat Fimela, itulah alasan kenapa kulit mudah gelap selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading