Sukses

Parenting

Apakah Vitamin Hamil Boleh Dikonsumsi Meski Tidak Hamil?

Fimela.com, Jakarta Selama hamil, ibu hamil memang perlu mengonsumsi suplemen tertentu, salah satunya adalah vitamin kehamilan. Vitamin kehamilan atau vitamin ibu hamil umumnya mengandung beberapa nutrisi penting yang paling dibutuhkan demi kesehatan perkembangan janin dan mempertahankan kesehatan diri sendiri.

Umumnya vitamin yang diperuntukkan ibu hamil mengandung kalsium, asam folat, vitamin dan zat besi untuk mencukupi kebutuhan harian. Namun bagaimana dengan perempuan yang tidak hamil? Apakah boleh minum vitamin kehamilan meski tak hamil?

Dilansir dari Healthline, vitamin ibu hamil dibuat khusus untuk kebutuhan ibu hamil dan menyusui sehingga tidak kekurangan gizi. Tapi vitamin ini tidak diperuntukkan mereka yang tidak sedang hamil maupun menyusui. Dikhawatirkan jusatru memberi dampak buruk pada tubuh.

Mengonsumsi terlalu banyak asam folat per hari bisa mengganggu asupan vitamin B12. Terlalu banyak zat besi juga bisa memicu konstipasi, mual, muntah dan diare. Kelebihan nutrisi seperti vitamin A bisa meracuni hati. Oleh karena itu, akan lebih baik jika tidak mengonsumsi vitamin ibu hamil jika tidak hamil dan menyusui.

Artikel Selanjutnya
Mengenal Posisi Bayi di Dalam Perut dan Apa Artinya
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Penyebab Rasa Sakit di Pusar saat Hamil Besar
: