Sukses

Parenting

10 Tips untuk Merawat Luka Ceasar agar Cepat Kering

Perawatan setelah persalinan baik secara normal maupun ceasar memang butuh kesabaran. Tentu perawatan yang lebih khusus apabila melakukan persalinan dengan cara ceasar. Luka akibat ceasar pun butuh perawatan yang ekstra, karena jika tidak akan membuatnya lama kering.

Umumnya perawatan pasca persalinan ada obat-obatan untuk mendukung proses pemulihan. Namun ada baiknya didukung dengan perawatan alami. Selain itu menjaga agar minim beraktivitas pun dapat mempercepat proses pemulihan.

Well, berikut ini adalah 10 cara untuk merawat luka ceasar agar cepat kering sehingga mom dapat beraktivitas seperti biasa. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup, pastikan mom tidak terlalu banyak bergerak. Pulihkan tenaga setelah proses persalinan. Setelah tubuh banyak mengeluarkan darah dan kondisi emosi yang tidak stabil tentu mom membutuhkan istirahat yang tenang.

2. Meminta Bantuan untuk Menyiapkan Keperluan

Meminta bantuan suami atau keluarga untuk menyiapkan kebutuhan mom dan si kecil. Well, pastikan mom kuat sebelum melakukan aktivitas berat.

3. Menggunakan Postur Tubuh yang Benar

Gunakan postur tubuh yang baik ketika berdiri atau berjalan. Tahan sedikit perut yang berdekatan dengan bekas sayatan selama mom melakukan gerakan tiba-tiba, seperti bersin, batuk, atau tertawa.

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Penuhi nutrisi dengan baik. Perbanyak konsumsi serat dan cairan untuk mencegah sembelit setelah persalinan.

5. Menjaga Luka setelah Persalinan

Jaga kebersihan luka ceasar. Saat mandi, mom dapat membasuhnya menggunakan air dan sedikit sabun, gosok dengan lembut. Setelah selesai, keringkan dengan handuk bersih cukup dengan menepuknya lembut.

6. Latihan Berjalan

Terus berlatih untuk berjalan pelan setiap hari. Hal ini dapat menguatkan kembali otot-otot mom yang melemah setelah kehamilan.

7. Kompres Bekas Jahitan

Kompres luka ceasar dengan air hangat karena dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selama luka ceasar belum kering pastikan mom selalu menggunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang longgar dapat membantu sirkulasi udara agar menyembuhkan luka.

9. Minum Obat yang Teratur

Pastikan mom mengonsumsi obat anti nyeri yang disarankan oleh dokter dan rutin meminumnya.

10. Mencegah Infeksi

Kenali gejala infeksi pada luka ceasar sehingga saat infeksi terjadi mom dapat melakukan pertolongan pertama.

Demikian 10 hal yang dapat dilakukan saat merawat luka ceasar agar cepat kering. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading