Sukses

Parenting

4 Makanan Sehat Tapi Tidak Baik Jika Dikonsumsi Anak Secara Berlebihan

Segala yang berlebihan tentu tidak akan baik buat kita. Juga ketika kita makan makanan sehat yang terlampau berlebihan. Tak hanya untuk kita, makanan ini akan sangat tidak baik dan tidak lagi menyehatkan jika anak-anak yang mengonsumsinya dengan porsi berlebihan.

Melansir dari laman Brightside.me, ada beberapa makanan sehat yang ternyata akan menjadi tidak sehat saat dikonsumsi anak secara berlebihan. Walau tidak berlebihan, makanan yang sehat ini tetap kurang tepat jika diberikan untuk anak-anak. Apa saja makanan tersebut?

Jus

Jus merupakan minuman yang sangat populer di kalangan anak-anak berbagai usia. Warnanya yang cerah dan rasanya yang manis membuat anak-anak sangat menyukai jus. Tapi tahukah mom, anak-anak sebaiknya tidak diberikan asupan jus secara berlebihan. Jus yang mengandung gula atau susu kental manis di dalamnya justru tidak baik buat kesehatan anak. Dibandingkan memberikan jus, anak-anak sebaiknya diberikan buah atau sayur secara langsung.

Yogurt

Makanan ini sebenarnya sangat sehat dan baik untuk sistem pencernaan. Hanya saja, produk olahan yogurt yang telah diberi makanan tambahkan seperti gula akan membuat yogurt kurang sehat buat anak-anak. Belum lagi jika yogurt ini diberi perasa dan pewarna makanan yang bisa membuat anak ketagihan. Para ahli menyebutkan jika yogurt dengan kandungan buah yang mengandung banyak gula bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Madu

Makanan selanjutnya yang tidak baik buat anak-anak adalah madu. Memang, madu adalah makanan yang menyehatkan dan kaya manfaat buat tubuh. Untuk anak, usahakan madu tidak dikonsumsi sebelum usia anak lebih dari 2 tahun. Dikhawatirkan madu mengandung bakteri yang bisa menyebabkan anak alergi sehingga sangat tidak disarankan bagi anak untuk diberi makan madu.

Multivitamin

Vitamin adalah asupan nutrisi yang penting diberikan pada anak. Sayangnya, banyak orang tua yang memberikan anak vitamin berupa multivitamin instan tanpa konsultasi dengan ahlinya. Dibandingkan memberi anak multivitamin, sebaiknya orang tua mengajari anak untuk rajin konsumsi sayur dan buah yang jelas-jelas mengandung banyak vitamin alami di dalamnya.

Mom, itulah beberapa makanan sehat yang sebaiknya justru tidak diberikan kepada anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua semakin bijak dalam memilihkan makanan sehat untuk buah hati kita.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Waktu Media Sosial Sebanyak Ini yang Timbulkan Masalah Kesehatan Mental pada Anak
Artikel Selanjutnya
Anak Tunggal Ternyata Rentan Obesitas, Menurut Penelitian