Sukses

Parenting

Tips Menyimpan ASI yang Benar Agar Tahan Lama & Sehat

ASI (Air Susu Ibu) menjadi kebutuhan pokok buah hati yang masih bayi. Dianjurkan, mom memberikan ASI eksklusif pada buah hati hingga buah hati berusia 2 tahun. Sesibuk apapun aktivitas mom karena mom merupakan wanita karir atau sejenisnya, pastikan untuk tetap memenuhi kebutuhan ASI buah hati dengan baik.

Ketika mom tidak bisa menyusui buah hati setiap saat karena mom bekerja, mom masih bisa memberikan ASI yang telah mom perah dan simpan di lemari pendingin. Namun ingat, saat memerah ASI dan menyimpannya, mom harus melakukannya dengan benar agar ASI senantiasa sehat dan tahan lama.

Melansir dari laman alodokter.com, cara menyimpan ASI yang benar untuk yang pertama pastikan bahwa mom menyimpannya di wadah/botol yang tepat. Botol ASI yang baik berupa botol khusus untuk ASI yang terbuat dari kaca maupun plastik dengan label bebas bahan berbahaya. Untuk menyimpan ASI, pastikan botol yang digunakan tertutup rapat dan bukan wadah untuk kepentingan umum. Jika tidak ada botol, mom bisa menyimpan ASI pada plastik khusus untuk menyimpan ASI.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menyimpan ASI adalah kebersihan lemari pendingin, kebersihan alat pemerah dan yang paling utama kebersihan botol ASI. Jangan sampai perlengkapan yang dibutuhkan terkait penyimpanan ASI mengandung kotoran karena ini bisa menyebabkan kualitas ASI memburuk bahkan menyebabkan bakteri dan virus merusak kesehatan ASI.

Sebelum menggunakan botol ASI untuk menyimpan ASI, cuci bersih botol dan cuci juga di dalam air hangat. Ini bertujuan agar bakteri serta virus yang tertinggal di botol ASI bisa mati. Keringkan pula botol ASI sebelum digunakan agar ASI tidak tercampur dengan air walau itu setetes pun.

Waktu menyimpan ASI juga sangat penting diperhatikan. ASI yang baru diperah bisa bertahan pada suhu ruangan 25 derajat celcius selama 6 jam. ASI mampu bertahan selama 24 jam jika disimpan di kotak pendingin yang ditambah kantung es atau ice pack di dalamnya. ASI bisa bertahan hingga 5 hari jika disimpan di lemari pendingin bagian luar dengan suhu 4 derajat celcius. Terakhir, ASI bisa bertahan hingga 6 bulan atau lebih jika disimpan di dalam freezer dengan suhu minus 18 derajat celcius atau lebih rendah lagi.

Mom, itulah tips menyimpan ASI. Semoga tips ini bermanfaat dan kita semua senantiasa bisa memberikan yang terbaik buat buah hati ya.

(vem/mim)
;
Loading