Sukses

Parenting

5 Tips Tetap Nyaman Menyusui Saat Produksi ASI Berlebih

Saat dalam masa menyusui, produksi ASI yang berlebih bisa jadi masalah tersendiri. Secara umum, semakin sering menyusui, ibu akan memproduksi lebih banyak ASI. Selama kebutuhan ASI si kecil bisa tercukupi dengan baik, kondisi tersebut mungkin tak jadi masalah.

Tapi kalau produksi ASI sudah sangat berlebihan, efeknya bisa cukup mengganggu. Dilansir dari bellybelly.com.au, jika produksi ASI berlebih, bayi bisa gampang tersedak dan merasa tak nyaman saat menyusu. Ibu pun akan merasa tidak nyaman karena kondisi payudara yang selalu terasa penuh dan ASI yang terus merembes.

Agar tetap nyaman selama menyusui dengan kondisi produksi ASI yang berlebihan ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba, antara lain:

1. Menyusui dengan "gaya koala"
Agar bayi bisa nyaman selama disusui, coba posisikan ia seperti koala. Pangku dan dekap si kecil ke dada, lalu mulai susui dia dengan posisi senyaman mungkin.

2. Susui dengan satu payudara dalam satu waktu menyusui
Dalam satu waktu menyusui, susui si kecil dengan satu payudara. Nanti di satu waktu menyusui lainnya, bisa susui dengan payudara yang satunya lagi. Jadi jangan berpindah-pindah dalam satu waktu menyusui ya.

Tips nyaman menyusui./Copyright shutterstock.com

3. Perah ASI sebentar sebelum menyusui
Agar ASI yang keluar tidak terlalu deras, perah sebentar ASI sebelum menyusui. Ini bisa dilakukan bila payudara terasa sudah terlalu penuh dan ASI terus merembes.

4. Pijat aerola perlahan
Untuk mengendalikan aliran atau suplai ASI, coba pijat aerola secara perlahan. Selain itu perhatikan juga respon bayi ketika menyusui. Bila sudah terlihat terengah-engah saat menyusui, coba hentikan kegiatan menyusui.

5. Gunakan breast pads
Agar ASI tidak merembes dan membasahi baju yang dipakai, coba gunakan breast pads. Breast pads merupakan  produk yang memiliki bantalan khusus pada permukaannya dan dipasangkan pada payudara saat menyusui. Breast pads untuk menyusui ini biasanya didesain khusus dengan lubang pada bagian puting susu.

Itu tadi sejumlah tips mudah yang bisa diikuti agar kegiatan menyusui bisa nyaman saat produksi ASI berlebih. Semoga bermanfaat ya moms.



(vem/nda)
;
Loading