Sukses

Parenting

Nafsu Makan Hilang Saat Hamil Muda, Apa Penyebabnya?

Pernahkah mom merasa tidak nafsu makan saat hamil muda? Makanan apapun yang di depan mom terasa hambar bahkan sangat mengganggu indera penciuman? Mengenai hilangnya nafsu makan saat hamil muda ini sebenarnya merupakan hal yang wajar. Ini bisa terjadi pada siapa saja yang sedang hamil.

Lantas kenapa ibu yang hamil muda bisa kehilangan nafsu makan? Melansir dari laman ibudanbalita.com, ada beberapa penyebab kenapa nafsu makan ini menghilang atau sekedar berkurang. Penyebab tersebut antara lain adalah:

Mual dan Muntah
Ibu yang hamil muda rentan mengalami mual dan muntah. Kondisi inilah yang kemudian menurunkan nafsu makan. Tak hanya menurunkan nafsu makan, ini juga bisa membuat ibu hamil rentan kelelahan, malas dan tidak fokus. Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa hampir setengah wanita hamil di dunia pernah merasa mual dan muntah di kehamilan mudanya atau di trimester pertama.

Perubahan Hormon
Penyebab dari hilangnya nafsu makan di kehamilan muda selanjutnya adalah perubahan hormon. Karena perubahan hormon ini, sistem pencernaan bisa mengalami beberapa gangguan dan akhirnya menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Konstipasi
Saat hamil, hormon progesteron di tubuh akan meningkat. Dengan meningkatkan hormon ini, sistem pencernaan akan terganggu dan feses umumnya lebih mengeras. Karena feses mengeras, banyak wanita hamil yang tidak lancar buang air besarnya atau mengalami konstipasi. Konstipasi inilah yang kemudian memicu ibu hamil malas makan.

Indera Penciuman Makin Tajam
Banyak ibu hamil yang makin tajam indera penciumannya. Tajam dan sensitifnya indera penciuman inilah yang kemudian membuat ibu hamil tidak nyaman dan nafsu makannya menurun.

Itulah beberapa penyebab ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Untuk mengembalikan nafsu makan  ini, coba klik di sini. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Nafsu Makan Kembali Saat Hamil Muda
Artikel Selanjutnya
15 makanan yang baik untuk kesehatan ibu hamil, catat ya
: