Sukses

Parenting

Perlukah Minum Vitamin dan Suplemen Saat Hamil?

Ketika hamil, mungkin anda bertanya-tanya akan seberapa penting mengkonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan lainnya. Faktanya, anda tidak perlu minum vitamin atau suplemen, Ladies. Buah hati anda akan dapat tumbuh sehat dan siap untuk proses melahirkan hanya dengan konsumsi makanan yang sehat seperti biasanya.

Namun bagaimana dengan ibu yang tidak mendapatkan porsi makanan sehat yang dibutuhkan? Perlukah minum suplemen? Pada umumnya, suplemen dan vitamin yang diminum oleh ibu hamil mengandung asam folat dan zat besi saja. Kebanyakan suplemen pre-kelahiran biasanya mengandung kedua elemen tersebut.

Kenapa? Asam folat sangatlah diperlukan oleh buah hati dalam kandungan anda karena asam folat sangatlah diperlukan oleh perkembangan otak dan syaraf buah hati anda. Asupan asam folat yang diperlukan untuk mencegah buah hati anda mengalami cacat pada saat lahir. Setidaknya ibu hamil membutuhkan 400-600 mikrogram asam folat setiap harinya selama hamil.

Zat besi juga sangatlah penting, Ladies. Menurut babycenter.com, ketika hamil, kebutuhan akan zat besi kita meningkat karena tubuh kita bersiap-siap untuk proses kelahiran yang akan menghabiskan banyak pasokan darah dalam tubuh kita. Zat besi dibutuhkan untuk mengganti kebutuhan darah yang hilang pada saat proses kelahiran.

Apabila disarankan oleh dokter, mengkonsumsi suplemen dan vitamin bisa membantu anda memperoleh nutrisi selama hamil. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi suplemen juga tidak baik karena buah hati anda membutuhkan nutrisi dari makanan sehat yang dikonsumsi setiap harinya.

Oleh: Mamor Adi P.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading