Sukses

Parenting

Apa Saja Penyebab Morning Sickness?

Morning sickness merupakan masalah yang sering dialami oleh sejumlah ibu hamil di masa-masa awal kehamilan. Akan tetapi, masalah ini akan segera menghilang dengan sendirinya setelah usia kehamilan mencapai empat bulan.

Meski begitu, morning sickness tersebut terjadi bukannya tanpa alasan, melainkan disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengetahui penyebab dari morning sickness itu sendiri, babycenter.com telah menyipkan sejumlah jawaban secara ilmiah.

Hormon hCG

hCG atau Human Chorionic Gonadotropin biasanya meningkat pada masa-masa awal kehamilan. Tidak diketahu apa penyebab meningkatnya hormon hCG ini. Peningkatan hormone ini akan menyebabkan rasa mual pada ibu hamil.

Hormon Estrogen

Hormon Estrogen ini juga meningkat drastis pada awal kehamilan yang menimbulkan rasa mual.

Meningkatnya Sensitivitas Pada Bau

Para dokter berpendapat bahwa peningkatan hormon Esterogen bisa memicu sensitivitas pada hidung ibu hamil. Meski begitu masih belum diketahui benar apakah hormone estrogen benar-benar berpengaruh terhadap hal ini.

Perut Sensitif

Beberapa ahli meyakini bahwa adanya bakteri Helicobacter pylori menyebabkan adanya sesitivitas pada perut. Akan tetapi, beberapa ahli belum mengkonfirmasi tentang pengaruh bakteri tersebut.

Stres

Beberapa ahli juga menilai bahwa respon rasa mual dan muntah-muntah yang dialami ibu hamil tersebut merupakan respon negatif akibat rasa stress yang dialami. Sekali lagi, belum ada bukti konkrit terkait hal ini. Meski begitu, rasa mual dan muntah yang dialami juga menyebabkan ibu hamil semakin merasakan stress.

 

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading