Sukses

Parenting

Bagaimana Anak Belajar Berjalan

Ladies, si Kecil sudah mulai menunjukkkan perkembangannya nih. Dia sudah mulai menggumam, berceloteh, dan juga menggerak-gerakkan tangan dan kakinya.

Ya, walaupun kaki bayi belum cukup kuat untuk menahan berat badan mereka. Secara umum, menurut babycenter.com, ada 2 tahap anak mulai belajar berjalan. Yang pertama yaitu ketika berumur 6 bulan dan juga 9 bulan.

Ketika berumur 6 bulan, anak akan sering meloncat ke atas dan ke bawah. Nah, disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu anak.

Caranya, yaitu dengan cara memeganginya di sekitar bawah ketiak agar anak aman meskipun dia sangat bergerak aktif dan meloncat-loncat. Ketika kaki anak berkali-kali menyentuh lantai atau sofa, saat itulah sebenarnya anak sedang belajar untuk menapakkan kakinya seperti berjalan.

Lalu, pada usia 9 bulan, anak akan berjalan sendiri. Mereka akan mencari lemari, kursi atau apapun yang bisa membantu mereka untuk berdiri.

Nah, senang sekali pastinya melihat mereka mulai bisa berjalan ya. Namun, ingat ya, jangan sampai lengah. Tentu kita tidak ingin ada sesuatu terjadi ketika mereka mulai belajar berjalan.

Setelah mereka melewati tahapan ini, anak akan belajar duduk. Mereka akan berusaha menekuk lutut untuk bisa duduk setelah berdiri.

Wah, kalau begitu, kita harus selalu mendampingi anak kita ketika mereka belajar berjalan. Harus lebih sabar dong ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/sfg)
;
Loading