Sukses

Parenting

Ingin Tahu Bagaimana Embrio Mulai Tumbuh?

Ladies, di dalam rahim Anda, sel telur Anda berkembang dengan sangat cepat. Setelah minggu embrio itu masih berupa sel telur yang baru dibuahi oleh sperma, pasa minggu ini, embrio telah berkembang menjadi sebesar biji wijen.

Menurut babycenter.com, pada minggu ini, embrio Anda sedang bekerja keras untuk mengembangkan tiga macam lapisan.

Ectoderm adalah lapisan teratas yang merupakan cikal bakal otak, tulang belakang, syaraf, dan sumsum tulang belakang. Tidak hanya itu, tetapi ectoderm juga merupakan cikal bakal terbentuknya kulit, rambut, kuku, kelenjar susu dan keringat, serta gigi.

Yang kedua adalah mesoderm. Mesoderm adalah lapisan yang bertugas untuk menumbuhkan jantung, dan sirkulasi tubuh. Pada minggu ini, jantung embrio Anda telah terbelah menjadi 4 bilik, dan mulai berdetak, dan memompa darah. Mesoderm juga mengembangkan jaringan otot, cartilage, tulang, dan jaringan bawah kulit.

Sedangkan lapisan ketiga, endoderm, berfungsi untuk mengembangkan paru-paru, intestin, dan saluran kencing, serta kelenjar tiroid, hati, dan pankreas.

Sementara itu, plasenta dan tali pusar embrio Anda sedang menyiapkan sistem yang baik untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen untuk bayi Anda.

Pada minggu-minggu ini, embrio Anda membutuhkan banyak folic acid, zat besi, dan kalsium yang berguna untuk pembentukan otak, darah, serta tulang dan gigi. Folic acid sangat bermanfaat bagi pertumbuhan si kecil, terutama untuk mencegah pertumbuhan abnormal tuba syaraf seperti spina bifida.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading