Sukses

Parenting

Organ Kelamin Si Kecil Mulai Berfungsi

Ladies, menurut mayoclinic.com, minggu ketiga puluh satu adalah minggu dimana organ kelamin bayi Anda mulai berfungsi, dalam artian sudah berada pada pencapaian perkembangan standar organ kelamin bayi. Dan, organ tersebut terus berkembang.

Kemudian, di minggu ini pengaturan suhu tubuh bayi Anda sudah mulai teratur, Ladies. Pengaturan suhu tubuh berada pada sistem syaraf pusat, yang baru mencapai tahap matang pada minggu ini.

Bayi Anda masih tumbuh dengan cepat, dan perkembangan terdahsyat terlihat pada kedua kakinya. Sekarang kakinya tidak lagi berupa tulang panjang, namun sedikit lebih berisi. Demikian pula dengan kedua lengan dan seluruh tubuhnya.

Menurut parenting.com, dia sekarang memiliki panjang 15 hingga 16 inchi dari kepala hingga jempol. Berat badannya telah mencapai 3.3 pound. Perut Anda sudah sangat membesar karena bayi Anda sekarang sebesar buah kelapa.

Menurut babycenter.com, sekarang dia sudah bisa menoleh ke kanan dan ke kiri. Leher, otot, dan persendiannya mulai membaik. Oleh sebab itu, dia akan banyak bergerak, sehingga mungkin Anda akan menderita insomnia di minggu-minggu ini. Tapi jangan khawatir, ini adalah tanda bahwa bayi Anda aktif dan sehat.

Masih ingat lanugo---bulu halus hitam yang mengelilingi bayi? Lanugo mulai rontok. Sebagai gantinya, alis dan bulu matanya berkembang dengan lebih baik lagi.

Oiya Ladies, karena bayi Anda akan sering bergerak, mungkin Anda akan merasakan kontraksi acak. Pada beberapa kasus, kontraksi ini berakhir dengan kelahiran premature. Namun Anda tidak perlu takut akan kelahiran premature, karena bayi premature memiliki peluang lebih dari 90% untuk bertahan hidup.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading