Sukses

Parenting

Janin Rawan Kena Bakteri, Plasenta Sediakan Antibodi

Ladies, setelah melewati minggu kehamilan ke-37, fokus utama perkembangan bayi Anda adalah menggemukkan badan. Setiap minggu, bayi Anda akan mengalami kenaikan berat badan hingga setengah kilogram.

Tapi, tidak hanya itu. Menurut mayoclinic.com, di minggu ini, plasenta bayi Anda---yang selama ini hanya menyalurkan nutrisi, oksigen, darah, dan hormon---mulai menyuplai antibodi untuk bayi Anda.

Antibodi ini berfungsi untuk memerangi infeksi yang muncul ketika kehamilan. Pada saat lahir, bayi Anda akan meluncur melewati liang senggama. Nah, beberapa bakteri akan menempel pada bayi Anda. Antibodi akan segera melindungi bayi Anda dari bakteri, kuman, dan mungkin virus yang menempel, seperti herpes.

Nah, setelah lahir, bayi Anda masih juga mendapatkan suntikan antibodi, hanya saja bukan melaluli plasenta, melainkan dari ASI Anda.

Minggu ini juga merupakan minggu dimana dada bayi Anda semakin unggul dan bisa berfungsi dengan baik. Sedangkan untuk bayi laki-laki, testikel si kecil sudah akan turun dan menetap di daerah skrotum.

Dengan panjang badan sekitar 20 inchi, dan berat badan mencapai 3.5 hingga 4 kilo, bayi Anda sekarang mengalami kesulitan dalam bergerak. Dia mungkin hanya menendang-nendang kecil. Mungkin juga, dia sudah berada dalam posisi mapan.

Organ terakhir yang masih saja belum mencapai kesempurnaan---dan masih akan tetap berkembang---adalah otak. Di minggu ini, neuron-neuron bayi Anda sedang memperbaiki hubungan antar syaraf.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading