Sukses

Parenting

Menjaga Kesehatan Balita dengan Memeriksa Warna Tinja

Bentuk dan warna tinja bisa dijadikan indikasi lho Bunda, apakah kesehatan balita terganggu atau tidak. Berikut ini panduan mengenai warna tinja, seperti dilansir dari mayoclinic.com.

Tinja berwarna hijau kehitam-hitaman. Bayi yang baru lahir apabila buang air besar tinjanya berwarna hijau kehitam-hitaman. Warna ini aman dan lazim terjadi pada bayi yang baru lahir.

Tinja berwarna hijau kecoklat-coklatan. Bayi yang buang air besar tinjanya berwarna hijau kecoklat-coklatan adalah bayi yang mulai mengonsumsi ASI. Warna ini juga aman Bunda.

Tinja berwarna kuning. Tinja berwarna kuning apabila bayi yang meminum ASI sudah berumur 5 hari atau lebih. Warna tinja seperti ini juga aman Bunda.

Tinja berwarna coklat. Tinja berwarna coklat apabila bayi mengonsumsi susu formula. Warna ini juga aman.

Tinja berwarna hitam. Tinja berwarna hitam bisa terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Nah, ini warna tinja yang mencurigakan Bunda, segera beritahu dokter terkait masalah ini.

Tinja berwarna merah karena darah, dan tinja berwarna putih. Warna seperti ini mengindikasikan adanya gangguan pada pencernaan si kecil. Segera hubungi dokter ya Bun.

Selain warna, bentuk tinja juga perlu diperhatikan nih Bunda. Apabila tinja si kecil berair, itu tanda kalau balita mengalami diare. Apabila tinja si kecil bentuknya seperti kerikil, itu tanda kalau balita mengalami konstipasi.

Bagaimanakah bentuk dan warna tinja anak Bunda?

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading