Sukses

Parenting

Berapa Kali Perempuan Menstruasi Dari Awal sampai Menopause?

Fimela.com, Jakarta Menstruasi alias haid adalah siklus yang dialami oleh perempuan puber sampai menopause setiap bulan sekali. Menstruasi merupakan proses pembersihan rahim agar siap dalam memasuki siklus reproduksi. Saat haid, tubuh akan mengeluarkan darah dan juga selaput dalam dinding rahim yang mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tak dibuahi.

Perempuan yang sehat akan mengalami menstruasi secara teratur setelah berusia 18 tahun. Normalnya, haid ini akan berlangsung selama 3-10 hari lamanya.

Selama hidupnya, perempuan akan mengalami kurang lebih 400 kali menstruasi sampai menopause. Haid atau menstruasi pertama normalnya terjadi pada usia 11-14 tahun. Beberapa perempuan tapi ada juga yang mengalami menstruasi lebih awal. Perbedaan usia menstruasi ini dikarenakan berbagai faktor internal maupun eksternal.

Perempuan pun pasti akan mengalami masa menopause setelah mencapai usia tertentu. Di usia ini, perempuan sudah tidak bisa mempunyai anak lagi karena tubuhnya sudah tidak melepaskan sel telur dan tidak akan mengalami menstruasi lagi setiap bulannya. Menopause biasanya dialami pada usia di atas 40 tahun. Kebanyakan perempuan akan mengalami menopause di usia 50 tahun atau lebih. Namun, ada juga yang mengalami menopause dini.

;
Loading