Sukses

Parenting

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 2 Bulan, Berikut 4 Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Mengoptimalkan tumbuh kembang bayi memang perlu disesuaikan dengan usianya. Pada usia dua bulan, bayi mulai menunjukkan sejumlah peningkatan. Indera penglihatannya lebih baik dan kemampuan fokusnya juga lebih kuat.

Untuk mengoptimalkan perkembangannya, ada empat hal sederhana yang bisa kita lakukan. Dilansir dari mother.ly, bayi lebih menyukai wajah dan suara kita dibandingkan lainnya. Sehingga empat tips ini pun bisa jadi awal yang mudah untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya di usia dua bulan.

1. Membacakan buku cerita bergambar

Bayi pada usia dua bulan sudah bisa mengikuti objek menarik dan wajah yang dilihatnya. Coba untuk membacakan buku cerita bergambar padanya. Buku dengan gambar dan warna-warni menarik akan sangat disukainya.

2. Lebih banyak tersenyum padanya

Perbanyak memasang wajah senyum untuknya. Perlihatkan wajah yang ekspresif dan menarik di depannya untuk membuatnya dekat dengan kita. Setiap kali ia menunjukkan wajah senyum, respons dengan tersenyum balik padanya.

3. Jawab "kata-kata" yang keluar dari mulutnya

Saat ia berdecak, menjerit, atau mengeluarkan suara dari mulutnya untuk meminta perhatian, segera beri jawaban. Tahap ini adalah langkah pertama untuk membangun komunikasi dengannya.

4. Perkenalkan tummy time

Tummy time merupakan sesi bermain dalam keadaan tengkurap atau telungkup. Kegiatan ini bisa membantu menguatkan otot leher, dada, dan lengan untuk melatih keseimbangan si kecil supaya bisa segera merangkak. Selama sesi bermain, kita perlu selalu berada di dekatnya dan mengawasi untuk mencegah terjadinya cedera dan memastikan anak tetap merasa nyaman.

Perbanyak waktu melaukan kegiatan bersama dengan si kecil. Sekadar jalan-jalan pagi dengan menggendongnya setiap hari bisa jadi cara awal untuk membangun kedekatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading